5 Tips Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja

5 Tips Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja

Mrinspirasi.com – Selamat pagi apa kabar hari ini kali ini mrinspirasi kali ini ingin memberikan tips menarik mengenai cara menghilangkan ngantuk saat bekerja. Kamu bisa langsung mencobanya di tempat kerja sekarang juga. Agar tidak berdampak pada produktivitas kerja, berikut adalah cara mudah yang dapat Kamu coba untuk menghilangkan ngantuk saat jam kerja.

Berikut 5 Tips Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja :

1. Sarapan Pagi
Sarapan ternyata dapat mencegah mengantuk saat jam kerja. Sayangnya masih banyak orang yang enggan sarapan lantaran takut menyebabkan mengantuk. Namun, pendapat itu perlu diluruskan.
Ketika Kamu melewatkan sarapan, rasa lapar akan datang lebih cepat, akibatnya Kamu tidak memiliki energi dan lebih mudah mengantuk. Kamu bisa mencoba buah, sereal, dan roti saat sarapan. Menu tersebut tergolong ringan ketimbang nasi.

Penelitian dari Cardiff University, Inggris, membuktikan seseorang yang mengonsumsi sereal pada pagi hari akan lebih mudah terhindar dari stres. Makan ringan pada pagi hari membuktikan bahwa kinerja fisik dan mental dapat berjalan dengan baik sepanjang hari daripada yang tidak sarapan.

2. Cuci Muka
Mencuci muka dapat menghilangkan rasa mengantuk saat jam kerja. Basuhan air dapat membuat tubuh kembali segar. Berdasarkan studi dalam Journal of Personality and Social Psychology, cuci muka dapat menetralisir suasana hati dan membangkitkan energi saat merasa kewalahan.

3. Bergerak 
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mengantuk bisa disebabkan karena kurang bergerak aktif. Ketika rasa ngantuk tiba, cobalah beranjak dari tempat duduk dan berjalanlah mengitari lingkungan kantor selama 10 menit.

Bergerak akan memicu jantung memompa lebih banyak darah kaya oksigen menuju pembuluh darah, otak, dan otot. Dengan berjakan kaki, pasokan oksigen dapat menjaga otak tetap aktif dan waspada sehingga rasa kantuk menghilang.

4. Istirahat Sejenak
Ketika rasaa ngantuk tiba, Kamu perlu istirahat sejenak dan jangan terlalu memaksakan. Jika dipaksakan dapat merusak kinerja otak Kamu. Istirahat sejenak seperti tidur siang atau power nap menjadi salah satu cara untuk menghilangkan rasa ngantuk yang menyerang ketika jam kerja. Cara ini bermanfaat membuat tubuh rileks dengan cepat dan lebih dalam, khususnya otak. Jika tidak ada tempat istirahat khusus di kantor, Kamu bisa melakukannya sambil duduk.

Durasi tidur siang yang ideal adalah sekitar 15-20 menit. Kurang dari rentang waktu tersebut, tubuh Kamu tidak akan manfaatnya. Sedangkan jika tidur siang lebih dari 20 menit, justru dapat membuat Kamu lesu dan lebih mengantuk.

5. Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik dapat mengusir ngantuk. Kamu bisa memutar musik sesuai selera Kamu menggunakan earphone. Cara ini dapat menenangkan tekanan akibat ngantuk.

Sekian dari artikel 5 Tips Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja.
Bram Nama saya Bram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Tips Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel