7 Ciri-ciri dan Penyebab Penyakit Usus Buntu, Cek Dirimu klo ada Tanda-Tandanya disini

7 Ciri-ciri dan Penyebab Penyakit Usus Buntu, Cek Dirimu klo ada Tanda-Tandanya disini

Mrinspirasi – Mengetahui kalau kita terkena usus buntu adalah hal yang mudah dengan kita mengetahui ciri-cirinya seperti di bawah ini kamu bisa tau hal apa saya penyebab sakit usus buntu, saran saya kalian harus sering-sering makan sayur dan tidak memakan yang terlalu pedas secara berlebihan. Sakit usus buntu atau apendicitis terjadi karena peradangan atau pembengkakan yang terjadi pada organ apendiks yang menyebabkan nyeri pada bagian perut kanan. Meskipun usus buntu bukanlah penyakit mematikan atau menular, namun dapat menjadi sebuah komplikasi serius bagi penderita jika tidak segera ditangani.

Radang usus buntu adalah penyakit yang umum terjadi dan dapat menyerang siapapun tanpa mengenal jenis kelamin dan usia, biasanya sering dialami oleh orang-orang yang berusia antara 10 sampai 30.

Berikut 7 Ciri-ciri dan Penyebab Penyakit Usus Buntu, Cek Dirimu klo ada Tanda-Tandanya disini :
1. Badan Panas atau Demam
7 Ciri-ciri dan Penyebab Penyakit Usus Buntu, Cek Dirimu klo ada Tanda-Tandanya disini

Gejala dan Tanda usus buntu bisa mirip dengan penyakit infeksilainnya yaitu demam atau meriang. Jadi, ketika mengalami sakit perut seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahkan sampai tidak bisa berdiri tegak, dan Kamu mengalami demam, maka bisa jadi itu merupakan ciri-ciri usus buntu Kamu sedang meradang.

Demam yang tejadi dengan intensitas sedang karena usus buntu dapat berkisar 38 derajat Celcius, jika makin memburuk bahkan dapat melebihi 40 derajat Celcius.

2. Sulit Buang Angin (Kentut)
Infeksi pada usus buntu dapat mengakibatkan usus membengkak dan meradang sehingga menyebabkan sumbatan yang menyebabkan seseorang menjadi susah kentut.

3. Sakit Perut Cepat Memburuk
Banyak yang sulit membedakan sakit perut usus buntu atau maag karena secara sekilas, keduanya memiliki gejala yang sama. Namun tidak seperti sakit perut karena maag atau penyakit lainnya, sakit perut karena usus buntu dapat memburuk dengan cepat, hal ini terjadi karena infeksi dan bengkak yang makin yang dibairkan semakin memburuk. Pada beberapa kasus, sakit perut dapat makin memburuk dalam satu hari.

4. Mual, Muntah, Tidak Nafsu Makan
Mual sampai ingin muntah dan hilang nafsu makan juga merupakan gejala yang sering dialami. Tidak nafsu makan, rasa mual dan muntah ringan biasanya terjadi di awal bahkan sebelum adanya rasa sakit di perut. Muntah akan lebih intens ketika sakit perut datang dan gejala semakin memburuk.

5. Perut Kembung
7 Ciri-ciri dan Penyebab Penyakit Usus Buntu, Cek Dirimu klo ada Tanda-Tandanya disini

Perut kembung dapat terjadi karena Kamu susah kentut, Ini merupakan gejala pelengkap, perut akan terasa kembung, kadang susah kentut, apalagi jika Kamu merasa bahwa tidak ada masalah lain yang menyebabkannya seperti mimum minuman bersoda, terlalu banyak makan sayur, dll.

Jadi ketika perut Kamu kembung, di satu sisi mengalami sakit perut kanan bawah dan demam, maka mungkin saja itu merupakan gejala usus buntu.

6. Sakit Perut Kanan Bawah
Sakit perut terjadi karena usus meradang dan membengkak, sehingga menimbulkan rasa sakit yang sangat. Walaupun  sakit perut awalnya dirasakan pada daerah sekitar pusar lalu berpindah ke perut kanan bawah, namun pada sebagian orang sakit atau nyeri akan dirasakan di tempat yang berbeda-beda.  Pada appendicitis akut biasanya nyeri bersifat mendadak dengan intensitas yang relatif berat. Pada appendicitis kronis , sakit perut akan terasa lebih sakit saat berjalan, menggerakkan perut, saat batuk, bersin, atau ketika mengalami guncangan saat berkendara.

7. Nyeri Lepas Tekan
Ini merupakan salah satu dari sekian banyak Tanda-Tanda usus buntu yang bisa kita lihat melalui pemeriksaan. Maksud dari nyeri lepas tekan adalah ketika kita menekan perut memang terasa sakit tapi ketika tekanan itu kita lepas, maka sketika akan terasa lebih sakit.

Jika kita dapati Tanda seperti itu maka kita sebut nyeri lepas tekan (+). Sebaiknya ini dilakukan oleh dokter saja, tidak dilakukan sendiri karena dikhawatirkan akan memperberat kondisi.

Yang paling penting adalah :
Sembelit atau Diare
7 Ciri-ciri dan Penyebab Penyakit Usus Buntu, Cek Dirimu klo ada Tanda-Tandanya disini

Sembelit dan diare mungkin muncul seperti ciri-ciri adanya masalah pada pencernaan lainnya, pada beberapa orang gejala ini mungkin tidak muncul atau mungkin muncul setelah mengalami sakit perut.
Tapi jika Kamu mengalami diare ringan, terutama jika ada banyak lendir di dalam feses, dan disertai sakit perut kanan bawah, maka segeralah periksa ke dokter untuk memastikan adanya radang usus buntu atau tidak.

Kapan Harus Ke dokter?
Radang usus buntu adalah penyakit yang hanya dapat didiagnosa oleh dokter. Ciri-ciri diatas merupakan rujukan saja, namun untuk memastikan apakah Kamu mengalami usus buntu, dokter harus melakukan beberapa tes.

Sekian dari artikel 7 Ciri-ciri dan Penyebab Penyakit Usus Buntu, Cek Dirimu klo ada Tanda-Tandanya disini.
Bram Nama saya Bram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Ciri-ciri dan Penyebab Penyakit Usus Buntu, Cek Dirimu klo ada Tanda-Tandanya disini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel