10 Tips Menghilangkan Rasa Kesal & Marah Dalam Diri

10 Tips Menghilangkan Rasa Kesal & Marah Dalam Diri
10 Tips Menghilangkan Rasa Kesal & Marah Dalam Diri
10 Tips Menghilangkan Rasa Kesal & Marah Dalam DiriMrinspirasiSelamat malam teman-teman apa kabar hari ini disini saya ingin memberikan tips menarik mengenai 10 Tips Menghilangkan Rasa Kesal & Marah Dalam Diri. Manusia adalah makhluk sosial, dimana kita hidup berdampingan & berinteraksi dengan orang lain. Dalam hidup bersosial, kita harus tahu tata cara berhubungan baik dengan orang, berbicara santun, mengatur ataupun memimpin orang banyak. Tentu saja tidak ada orang Yg dapat mengetahui tata caranya secara instan. Mereka mengetahuinya tahap per tahap berdasarkan dengan pengalaman – pengalaman mereka bersosialisasi dengan orang lain.

Tak jarang dari pengalaman tersebut, terjadi pertengkaran, perdebatan ataupun perselisihan dengan seseorang ataupun kelompok. Namun dengan a&ya perselisihan & perdebatan itu, kita dapat intropeksi diri & semakin paham cara memperlakukan orang lain dengan lebih baik lagi.

Berikut 10 Tips Menghilangkan Rasa Kesal & Marah Dalam Diri :
1. Mencoba Memaafkan
Memaafkan diri sendiri & kesalahan orang lain adalah tipe orang Yg bijaksana. Ia tak mengenal dendam, iri hati ataupun dengki. Ia tidak akan pernah membiarkan perasaan kesal atau marah menguasai dirinya. Dengan menjadi pribadi Yg mudah memaafkan, Kamu dapat menghilangkan rasa kesal & marah dengan begitu cepat.

2. Meminta Saran & Masukan
Ketika Kamu merasa kesal & sangat marah, Kamu tidaK akan bisa berpikir jernih. Pikiran seakan amburadul, berantakan, tidak tahu apa Yg harus dilakukan. Ketika hal ini terjadi, jangan memaksakan diri untuk memutuskan sesuatu. Mintalah saran & masukan dari orang lain Yg dekat dengan Kamu. Masukan orang lain akan sangat membantu pada saat kondisi Kamu seperti ini.

3. Tetaplah Tersenyum
Kamu harus belajar untuk tersenyum di setiap kondisi, situasi Yg seburuk apapun. Senyuman Yg Kamu ukir di wajah merupakan bentuk kepercayaan diri & perintah dari diri Kamu sendiri agar tetap tenang & berpikir positif. Jika Kamu tersenyum ketika merasa kesal & marah, Kamu dapat mengontrol diri Kamu sendiri. (baca juga: Cara Menghadapi Masalah Dengan Teman)

4. Intropeksi Diri
Perasaan kesal & marah muncul jika diri kita cenderung menyalahkan orang lain & lingkungan. Sehingga, jika Kamu ingin menghilangkan perasaan kesal dengan cepat, cobalah intropeksi diri terlebih dahulu. Dengan mengintropeksi diri dibandingkan berusaha menyalahkan lingkungan & orang lain, perasaan kesal & marah tersebut akan hilang dengan sendirinya.

5. Menenangkan Pikiran
Jika rasa kesal & marah itu telah menguasai diri Kamu, cobalah menenangkan pikiran untuk sesaat. Rasa kesal Yg berhasil berkuasa dalam diri tidak akan membiarkan Kamu berpikir dengan dingin & bijak. Oleh karena itu, sebelum sesuatu Yg tidak diinginkan terjadi, tenangkan pikiran terlebih dahulu untuk meredakan rasa kesal & marah Kamu. (baca juga: Ciri Pribadi Berwibawa)

6. Yakinkan Diri
Banyak orang Yg mengatakan bahwa sesuatu terjadi seperti apa Yg kita yakini & percayai. Rasa kesal Yg tumbuh akan cepat hilang dengan meyakinkan diri Kamu sendiri. Yakinkan pada diri Kamu bahwa semuanya akan berjalan baik – baik saja. Yakinlah bahwa segala sesuatu akan berjalan lancar. Tepuk – tepuk dada Kamu & pejamkan mata sambil mengatakan, “Everything will come out well. All is well”.

7. Menghibur Diri
Hiburlah diri Kamu sendiri. Buat Kamu lupa dengan rasa kesal Yg Kamu alami.

8. Berpikir Dewasa
Janganlah mementingkan ego pribadi semata. Berpikirlah layaknya seseorang Yg sudah dewasa. Seseorang Yg bijak & berpikir dewasa tidak akan mudah kesal & marah karena orang lain. Ia dapat menguasai dirinya sendiri & dapat mencegah rasa marah Yg berlebihan untuk muncul.

9. Curhat Dengan Teman/Sahabat
Rasa kesal & marah dapat juga muncul karena kita tidak tahu solusi dari masalah Yg sedang dihadapi. Oleh karena itu, Kamu dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk berbincang & curhat dengan kawanan Kamu. Biasanya dengan menceritakan segala kekesalan kepada orang lain, rasa kesal akan hilang dengan sendirinya.

10. Jangan Langsung Bertindak
Bertindak atau melakukan sesuatu ketika perasaan Kamu sedang tidak baik adalah suatu ide Yg buruk. Bukannya menghilangkan rasa kesal, dengan bertindak pada saat Kamu marah hanya akan membahayakan posisi Kamu & orang lain pula. Oleh karena itu, hindari untuk bertindak, berpikir ataupun memutuskan sesuatu ketika situasi Kamu sedang kesal & marah. Pilihlah untuk diam & menenangkan diri sebelum mencoba untuk bertindak.

Sekian dari artikel 10 Tips Menghilangkan Rasa Kesal & Marah Dalam Diri.
Bram Nama saya Bram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Tips Menghilangkan Rasa Kesal & Marah Dalam Diri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel