10 Tips Membersihkan dan Memutihkan Gigi Dirumah, Langsung dicoba

10 Tips Membersihkan dan Memutihkan Gigi Dirumah, Langsung dicoba

Mrinspirasi – Tips membersihkan gigi ini bisa kamu coba di rumah, Tips-tipsnya cukup mudah dan kamu bisa mendapatkannya di rumah secara mudah selain itu kamu juga bisa tau cara memakainya. Bayangkan saja, apa jadinya kalau Kamu punya gigi kuning? Mau bicara saja, pasti tidak pede. Maka dari itu, merawat gigi ialah hal penting yang harus Kamu perhatikan. Termasuk di dalamnya, cara memutihkan gigi kuning.

Namun bagaimana jika Kamu sekarang memiliki gigi kuning? Kalau sudah terlanjur memiliki gigi kuning, ada beberapa cara mudah yang bisa Kamu lakukan di rumah untuk memutihkannya. Ada sejumlah bahan yang bisa digunakan untuk mengembalikan kilau gigi putih Kamu. Mulai dari gosok gigi menggunakan baking soda, mengonsumsi cuka sari apel, buah dan sayuran, dan berkumur dengan kelapa, berikut ini cara kerja efektif memutihkan gigi kuning, yang patut Kamu coba.

Berikut 10 Tips Membersihkan dan Memutihkan Gigi Dirumah :

1. Berkumur dengan minyak kelapa
10 Tips Membersihkan dan Memutihkan Gigi Dirumah, Langsung dicoba

Orang-orang Indian pada zaman dahulu, percaya bahwa berkumur dengan minyak kelapa bisa menjaga kebersihan mulut. Praktik ini dipercaya masih ampuh sampai sekarang. Berkumurlah dengan minyak kelapa, yang dikenal mengandung lauric acid, untuk membunuh bakteri pada gigi, serta mengurangi peradangan.

Selain menjadi cara memutihkan gigi kuning, berkumur dengan satu sendok minyak kelapa, juga bisa mengangkat plak dan menghilangkan radang gusi. Namun sayang, belum ada studi yang mampu membuktikan efektivitasnya. Walau demikian, berkumur dengan minyak kelapa dianggap aman. Banyak orang yang mengaku giginya lebih putih setelah melakukannya.

2. Biasakan sikat gigi setelah mengonsumsi camilan
Mengonsumsi camilan adalah hal yang sering dilakukan untuk mengisi waktu senggang, sembari main game maupun menonton film. Namun, jangan lupa untuk langsung menyikat gigi Kamu setelah mengonsumsi makan kecil. Kalau bisa, jadikan hal ini sebagai kebiasaan sehari-hari.

Satu strategi mudah dan sederhana sebagai cara memutihkan gigi kuning, adalah dengan membiasakan diri menyikat gigi setelah makan. Kemudian, membersihkan mulut dengan obat antiseptik juga bagus untuk merawat kesehatan mulut serta gigi Kamu.

3. Stop merokok!
Tidak hanya merusak paru-paru dan organ tubuh lainnya, merokok juga bisa membuat gigi Kamu berwarna kuning. Apalagi, noda yang ditimbulkan oleh tembakau, dikenal mampu menembus permukaan enamel gigi. Selain itu, noda tembakau juga sulit dihilangkan, bahkan ketika digosok sekalipun. Semakin lama Kamu merokok, semakin besar noda pada gigi Kamu menyebar. Oleh karena itu, berhentilah merokok, agar gigi tidak semakin kuning.

4. Gosok gigi dengan baking soda
Baking soda memiliki khasiat pemutih alami. Tidak heran, banyak pasta gigi yangmenggunakan baking soda sebagai salah satu bahan utamanya. Beberapa studi juga membuktikan kemampuan pasta gigi dengan baking soda dalam memutihkan gigi.  Pasta gigi dengan baking soda dianggap lebih efektif dalam mengangkat noda kuning pada gigi, dibandingkan pasta gigi tanpa bahan tersebut.

Baking soda dipercaya membantu mengangkat noda permukaan pada gigi. Selain itu, baking soda juga bisa menciptakan lingkungan alkali dalam mulut Kamu, sehingga bakteri tidak tumbuh. Perlu diingat, memutihkan gigi menggunakan baking soda juga membutuhkan waktu. Namun, ini menjadi salah satu cara mudah untuk memutihkan gigi Kamu. Namun, Kamu dianjurkan untuk tidak menggunakan baking soda terlalu sering, karena bisa merusak enamel gigi.

5. Rutin mengonsumsi buah dan sayuran
10 Tips Membersihkan dan Memutihkan Gigi Dirumah, Langsung dicoba

Tidak hanya membuat badan sehat, mengonsumsi buah dan sayur juga bermanfaat untuk gigi Kamu. Walau buah dan sayur tidak bisa dijadikan pengganti bahan penyikat gigi, namun makanan-makanan sehat ini bisa menghilangkan plak saat Kamu mengunyahnya. Dengan demikian, noda kuning pada gigi Kamu bisa terangkat.

Ada buah-buah yang bisa meninggalkan noda pada gigi, seperti blueberry, blackberry, hingga bit, dan sebaiknya Kamu hindari. Meski demikian, ada juga buah yang bisa mengangkat noda pada gigi, seperti stroberi dan nanas.

6. Mengurangi konsumsi gula
Jika Kamu ingin gigi yang lebih putih, kurangi konsumsi gula sekarang juga. Gula membantu pertumbuhan bakteri Streptococcus yang menyebabkan plak dan radang gusi. Oleh karena itu, mengurangi gula bisa menjadi cara memutihkan gigi kuning yang manjur.

Setidaknya, jika ingin mengonsumsi makanan yang mengandung gula, segera sikat gigi Kamu selesai makan. Langkah ini diperlukan untuk menghindari tumbuhnya bakteri Streptococcus. Minuman seperti kopi, anggur merah, hingga soda, dikenal mampu menodai gigi Kamu. Bukan berarti Kamu harus menghindarinya. Hanya saja, jangan terlalu sering mengongsumi minuman-minuman tersebut. Jika memungkinkan, segera sikat gigi Kamu setelah meminum minuman yang telah disebutkan di atas agar noda tidak menempel pada gigi.

7. Memperbanyak asupan kalsium
10 Tips Membersihkan dan Memutihkan Gigi Dirumah, Langsung dicoba

Kalsium berguna untuk memperkuat enamel pada gigi. Kalau enamel tidak terjaga, jangan heran, gigi bisa ternodai dengan mudah. Maka dari itu, perbanyak makanan berkalsium tinggi, seperti, brokoli hingga susu.

8. Memakai sikat gigi elektrik
Menggosok gigi memakai gigi elektrik dianggap lebih mampu mengangkat noda dan menjadi salah satu cara memutihkan gigi kuning. Sebab, sikat gigi elektrik memiliki pergerakan yang bisa menghancurkan plak pada gigi. Plak bisa mempercepat proses penodaan gigi. Dengan menggunakan sikat gigi elektrik, Kamu bisa menghancurkan plak itu, dan menghindari gigi menjadi kuning.

9. Mengonsumsi keju
Mengonsumsi keju adalah cara lain untuk membersihkan serta memutihkan gigi. Sebab, keju mengandung mineral alami, yang bisa memperkuat enamel gigi. Tidak hanya itu, keju juga mengandung kalsium, yang sangat berguna untuk gigi. Akan tetapi, perlu diingat, keju yang bagus untuk gigi ialah keju putih, bukan keju lembut seperti keju bri atau keju biru.

Sepuluh langkah di atas mungkin terlihat sepele, tapi nyatanya memang menjadi cara memutihkan gigi kuning yang cukup efektif. Namun apabila tetap belum berhasil, Kamu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi, untuk menemukan cara memutihkan gigi kuning yang tepat. Jangan mudah tergiur dengan produk pemutih gigi, yang belum terjamin keamanannya.

10. Mengonsumsi cuka sari apel
Percaya tak percaya, mengonsumsi cuka sari apel juga bisa jadi cara memutihkan gigi kuning dengan mudah. Cuka sari apel telah digunakan selama berabad-abad sebagai produk pembersih alami dan disinfektan.

Asam asestat yang ada di dalam cuka sari apel, terbukti efektif membunuh bakteri. Sifat antibakteri itulah yang berguna membersihkan mulut serta memutihkan gigi. Tidak hanya memutihkan gigi, ada sebuah studi yang menyebutkan bahwa cuka sari apel juga bisa membuat permukaan gigi Kamu jadi lembut. Namun ingat, asam asetat dalam cuka berpotensi mengikis enamel pada gigi. Maka dari itu, sebaiknya tidak menggunakan cuka sari apel setiap hari. Kamu juga harus membatasi waktu
bersentuhan cuka sari apel dengan gigi.

Sekian dari artikel 10 Tips Membersihkan dan Memutihkan Gigi Dirumah, Langsung dicoba.
Bram Nama saya Bram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Tips Membersihkan dan Memutihkan Gigi Dirumah, Langsung dicoba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel