4 Gejala Penyakit Asma Yang sangat Berbahaya, Cek Kesehatanmu disini

4 Gejala Penyakit Asma Yang sangat Berbahaya, Cek Kesehatanmu disini

Mrinspirasi – Penyakit Asma memang sangat berbahaya, karena dengan kita sakit Penyakit Asma banyak sekali aktifitas yang tidak bisa kita lakukan seperti kerja terlalu keras tidak dianjurkan, kerja di bawah terik matahari dan masih banyak yang lainnya. Penyakit Asma ini muncul ketika saluran pernapasan meradang kemudian membengkak dan menyempit. Jaringan pelapis saluran napas pun memproduksi lendir yang lebih kental dan lebih banyak dari biasanya, sehingga makin mempersempit rongganya. Akibatnya, pasokan udara segar yang mengalir ke dalam dan luar paru-paru jadi sangat terbatas.

Kamu pun akan lebih sulit untuk bernapas lega. Gejala Penyakit Asma umumnya akan kumat ketika Kamu terpapar pemicunya. Setiap orang mungkin mengalami gejala yang berbeda, dan intensitas keparahannya pun juga mungkin beda. Ada yang merasakan gejalanya hanya sebentar dan terasa ringan, tapi ada juga yang sangat parah hingga melemahkan.

Berikut 4 Gejala Penyakit Asma Yang sangat Berbahaya, Cek Kesehatanmu disini :

1. Sesak napas
4 Gejala Penyakit Asma Yang sangat Berbahaya, Cek Kesehatanmu disini

Ciri-ciri Penyakit Asma lainnya yang perlu diwaspadai adalah sesak napas. Saluran udara yang meradag dan tersumbat tidak dapat mengalirkan udara segar sebanyak biasanya, sehingga napas menjadi lebih pendek-pendek dan dangkal. Orang awam lebih akrab menggambarkan kondisi ini sebagai napas megap-megap. Gejala sesak napas karena Penyakit Asma biasanya muncul setelah terpapar pemicunya, dan bisa juga setelah selesai berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang berat.

Faktor pemicu Penyakit Asma pada setiap orang mungkin berbeda. Bisa dari asap rokok, polusi udara, debu, bulu bintang, hingga bahan kimia yang terkandung pada produk rumah tangga atau kosmetik. Tak hanya itu. Stres emosional, perubahan cuaca yang ekstrem, dan penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa memicu gejala sesak napas. Seesak napas juga dapat menyebabkan perasaan gelisah, yang semakin memparah gejala Penyakit Asma. Itu sebabnya jangan panik ketika Penyakit Asma mulai kumat. Sebisa mungkin tenangkan diri dan atur napas secara perlahan.

2. Mengi
4 Gejala Penyakit Asma Yang sangat Berbahaya, Cek Kesehatanmu disini

Batuk Penyakit Asma juga seringnya disertai dengan gejala mengi. Mengi adalah suara seperti siulan lirih atau bunyi “ngik ngik” yang terdengar tiap kali Kamu bernapas. Bunyi ini muncul akibat udara yang dipaksa keluar melalui saluran udara yang sempit dan tersumbat. Suara mengi umumnya akan jadi semakin keras saat Kamu mengembuskan atau menghirup napas. Hal ini juga sering terjadi sebelum atau saat tidur.

Mengi adalah satu dari sekian gejala Penyakit Asma yang dapat dikenali. Batuk kering kronis yang tidak disertai mengi mungkin menkamukan Kamu mengalami varian batuk Penyakit Asma. Namun, mengi tidak selalu berarti Kamu memiliki Penyakit Asma. Mengi dapat pula menjadi gejala dari masalah kesehatan lain seperti penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), bronkitis, dan pneumonia.

3. Batuk
4 Gejala Penyakit Asma Yang sangat Berbahaya, Cek Kesehatanmu disini

Salah satu ciri-ciri paling khas dari Penyakit Asma adalah batuk keras yang terus-menerus. Batuk karena Penyakit Asma dapat berupa batuk kering maupun berdahak. Batuk gejala Penyakit Asma muncul karena saluran udara (bronkus) membengkak dan menyempit sehingga paru-paru tidak mendapat cukup oksigen. Umumnya batuk cenderung semakin parah setelah beraktivitas. Gejala ini bisa juga kumat pada malam hari sehingga membuat penderitanya sulit tidur nyenyak dan sering terbangun sepanjang malam.

4. Dada terasa sesak
4 Gejala Penyakit Asma Yang sangat Berbahaya, Cek Kesehatanmu disini

Saluran udara (bronkus) Kamu diselubungi oleh serabut otot. Peradangan akibat Penyakit Asma dapat membuat otot-otot tersebut kaku atau tegang yang membuat dada terasa sesak tertekan. Sensasi ini sering digambarkan seperti seseorang yang melilitkan tali erat-erat di sekeliling dada atas Kamu.
Gejala Penyakit Asma ini dapat membuat Kamu semakin sulit bernapas dan terasa sakit setiap kali akan mengambil napas. Dada Kamu mungkin terasa seperti ditekan atau ditindih dengan benda berat.

Gejala batuk dan mengi juga dapat semakin memperburuk sensasi ini. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Postgraduate Medical Journal melaporkan sekitar 76% pengidap Penyakit Asma mengalami rasa sakit yang tajam menusuk di dadanya. Gejala dapat muncul sebelum atau selama serangan Penyakit Asma. Sayangnya, nyeri dada dikenal sebagai gejala yang subyektif. Artinya, gejala ini tidak bisa diukur pasti oleh dokter. Dokter biasanya akan mengkamulkan deskripsi rasa sakit yang dikeluhkan pasien.

Sekian dari artikel 4 Gejala Penyakit Asma Yang sangat Berbahaya, Cek Kesehatanmu disini.
Bram Nama saya Bram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Gejala Penyakit Asma Yang sangat Berbahaya, Cek Kesehatanmu disini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel