Makanan Yang Baik dan Sehat bagi Ibu Hamil

Makanan Yang Baik dan Sehat bagi Ibu Hamil

Mrinspirasi.com – Selamat siang teman-teman apa kabar hari ini kali ini mrinspirasi.com akan memeberikan tips menarik untuk para ibu-ibu hamil. Tips kali ini adalah inspirasi mengenai makanan yang baik dan sehat bagi ibu hamil. Buat kamu yang saat ini sedang hamil coba untuk memakan makanan yang bergiji seperti di bawah ini. Selama hamil, tubuh akan membutuhkan nutrisi, vitamin, dan mineral tambahan. Bahkan bisa hingga 350-500 kalori ekstra setiap harinya selama trimester 2-3.

Penambahan berat badan yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit seperti diabetes atau
komplikasi kehamilan dan kelahiran. Maka ada baiknya bagi ibu hamil untuk memilih makanan sehat dan bergizi untuk mendukung perkembangan janin dan menjaga kesehatan diri.

Berikut Makanan Yang Baik dan Sehat bagi Ibu Hamil :
1. Brokoli dan sayuran hijau
Brokoli dan sayuran hijau, seperti kangkung dan bayam mengandung banyak nutrisi seperti serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat dan kalium. Selain itu, brokoli dan sayuran hijau kaya akan antioksidan. Seperti diketahui, antioksidan dapat membantu menjaga sistem kekebalan imun tubuh.

2. Alpukat
Alpukat adalah buah yang tidak biasa karena mengandung banyak asam lemak tak jenuh tunggal. selain itu, juga terdapat serat yang tinggi, vitamin B (terutama folat), vitamin K, kalium, tembaga, vitamin E dan vitamin C.

3. Telur
Setiap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, hampir seluruhnya terkandung dalam telur. Dan kolin pun juga terkandung di dalamnya. Seperti yang diketahui, kolin sangat penting untuk perkembangan otak. Namun, sebuah survei di Amerika Serikat menyebutkan bahwa lebih dari 90 persen orang mengonsumsi kolin kurang dari yang disarankan.

4. Air
Saat tengah mengandung, volume darah meningkat hingga 1,5 liter lho Bun. Karena itu, penting bagi Bunda untuk terus terhidrasi dengan baik dan cukup. Meningkatkan asupan air dapat membantu meringankan sembelit dan mengurangi risiko infeksi saluran kemih, yang umum terjadi selama kehamilan. Adapun gejala dehidrasi ringan termasuk sakit kepala, gelisah, kelelahan, suasana hati yang buruk dan berkurangnya daya ingat.

5. Produk susu
Perlu bagi ibu hamil untuk mengonsumsi protein dan kalsium ekstra untuk memenuhi kebutuhan janin. Susu adalah sumber makanan kalsium terbaik, dan menyediakan fosfor dalam jumlah yang tinggi, berbagai vitamin B, magnesium, dan zat besi.

6. Salmon
Wanita hamil pada umumnya disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan laut karena menghindari merkuri dan kontaminasi lainnya dari lemak yang ditemukan pada makanan laut. Namun sayangnya, saran tersebut menjadi bumerang dan menyebabkan ibu hamil menghindarinya, sehingga asupan asam lemak omega 3 yang dibutuhkan menjadi terbatas.

7. Daging tanpa lemak
Daging sapi, maupun ayam adalah sumber protein berkualitas tinggi. Selain itu, daging tersebut juga kaya akan zat besi, kolin dan vitamin B lain yang dibutuhkan lebih tinggi saat ibu tengah mengandung. Wanita hamil membutuhkan lebih banyak zat besi karena volume darah yang meningkat. Zat besi adalah mineral penting yang digunakan oleh sel darah merah sebagai bagian dari hemoglobin.

Sekian dari artikel Makanan Yang Baik dan Sehat bagi Ibu Hamil.
Bram Nama saya Bram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makanan Yang Baik dan Sehat bagi Ibu Hamil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel