4 Cara Mengobati Sakit Gigi

4 Cara Mengobati Sakit Gigi

Mrinspirasi.com – Selamat siang apa kabar hari ini kali ini mrinspirasi.com akan memberikan tips menarik mengenai 4 cara mengobati sakit gigi atau gigi bengkak, cara ini bisa kau coba di rumah untuk menbantumu mengobati sakit gigi, langsung saja apa saja cara-caranya.

Gusi yang bengkak harus segera dirawat untuk mencegah infeksinya menyebar sampai ke gigi. Namun biasanya kalau ke dokter, Kamu akan diminta untuk menunggu dulu sampai rasa sakitnya mereda baru bisa diobati.

Berikut 4 Cara Mengobati Sakit Gigi :
1. Banyak minum air putih
Minum air putih memang tidak akan langsung mengobati gusi Kamu yang bengkak. Namun dengan banyak minum air putih, risiko Kamu mengalami infeksi akibat gusi bengkak jadi lebih rendah.
Sebaliknya, kurang minum air justru dapat memperparah infeksi karena mulut jadi kering dan asam. Membiasakan banyak minum air dapat merangsang produksi air liur di dalam mulut. Air liur berperan penting melembapkan mulut serta membersihkan bagian dalam mulut dari sisa makanan.

2. Kompres dingin
Obat gusi bengkak ala rumahan yang mudah, cepat, serta manjur adalah kompres dingin. Dinginnya es batu membuat saraf pemicu nyeri di sekitar area mulut jadi mati rasa untuk sementara meredakan sakitnya.

Selain itu, suhu dingin merangsang pembuluh darah di wajah menyempit sehingga memperlambat aliran darah yang menuju gusi bermasalah. Ini dapat membantu mengurangi peradangan, bengkak, dan nyeri pada gusi. Caranya mudah, ambil beberapa bongkah es batu lalu bungkus dengan waslap bersih. Tempel bungkusan es batu tadi di bagian pipi yang terasa sakit. Kamu juga bisa menempel kompres langsung pada gusi yang terasa ngilu.

3. Kunyit
Kunyit yang sering diolah menjadi jamu ternyata bisa disiasati sebagai obat gusi bengkak. Senyawa curcumin dalam kunyit diketahui berfungsi melawan bakteri penyebab infeksi gusi, serta meredakan peradangannya.

Sebuah penelitian dalam Journal of Indian Society of Periodontology menunjukkan obat kumur dari sari kunyit berpotensi mencegah pembentukan plak di gigi dan risiko gingivitis (radang gusi). Untuk mendapatkan semua manfaat ini, parut setengah ruas kunyit kemudian campurkan dengan baking soda dan minyak kelapa. Aduk rata sampai membentuk krim kental. Gunakan sebagai pengganti pasta gigi setiap kali Kamu ingin menggosok gigi.

Cara lainnya, Kamu bisa membubuhkan pasta kunyit tersebut pada kain kasa lalu digulung. Tempelkan kompres kunyit ini langsung pada gusi yang bermasalah selama beberapa menit. Tak perlu takut gigi jadi menguning setelah menggunakannya. Kunyit sebenarnya malah akan membantu gigi Kamu tampak lebih putih.

4. Kumur air garam
Selain buat masakan, garam sudah digunakan sejak zaman Romawi Kuno sebagai obat kumur untuk mengobati masalah gigi dan mulut. Ya! Berkumur air garam membantu meringankan rasa sakit dan meredakan bengkak pada gusi. Hal ini karena garam bersifat menyerap air sehingga efektif membunuh bakteri jahat dalam mulut.

Bakteri hanya bisa tumbuh subur di lingkungan yang asam dan lembap. Maka ketika kondisi mulut kering, bakteri tidak bisa bertahan hidup. Kamu cukup melarutkan 1/2 sendok teh garam dalam segelas air hangat. Kumur-kumur air garam secara merata di segala penjuru mulut selama beberapa detik, dan buang airnya. Jangan ditelan. Rutin berkumur dengan cara ini setidaknya dua kali sehari, atau sampai bengkak pada gusi Kamu lumayan mereda.

Sekian dari artikel 4 Cara Mengobati Sakit Gigi.
Bram Nama saya Bram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Cara Mengobati Sakit Gigi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel