4 Cara Mengelola Keuangan Saat Ramadhan Yang Efektif

4 Cara Mengelola Keuangan Saat Ramadhan Yang EfektifMrinspirasiSelamat pagi teman-teman apa kabar semuanya pastinya anda baik-baik saja dan Apakah kalian saat ini puasa. Sebelum menunggu buka puasa ada baiknya kita membaca inspirasi mengenai cara mengelola uang yang baik, benar dan efektif.
4 Cara Mengelola Keuangan Saat Ramadhan Yang Efektif
4 Cara Mengelola Keuangan Saat Ramadhan Yang Efektif
Ramadhan adalah bulan suci yang dirayakan oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Indonesia yang merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia tentu tidak akan ketinggalan untuk memperingati bulan yang suci ini. Baca juga : Ingin Sukses Ikuti Cara-cara ini.

Nah, memasuki bulan Ramadhan, ada banyak pengeluaran khusus yang tentu perlu dilakukan oleh banyak orang yang merayakan Lebaran. Pola pengeluaran kita akan banyak berubah dibandingkan dengan pola pengeluaran di luar bulan Ramadhan.

Berikut 4 Cara Mengelola Keuangan Saat Ramadhan Yang Efektif :
1. Pertama-tama pada pengelolaan uang untuk zakat
Pengelolaan uang untuk zakat
Pengelolaan uang untuk zakat
Baik zakat Fitra maupun zakat Maal sebaiknya sudah mulai dialokasikan sebelum memasuki bulan puasa agar budget bulanan yang anda siapkan sebelumnya tidak terganggu. Pisahkan pengeluaran zakat di rekening yang berbeda dari sehari-hari atau simpan secara tunai di rumah di tempat yang aman.

Anda bisa menyalurkan ke badan amal zakat atau masjid segera saat memasuki bulan Ramadhan untuk mencegah kemungkinan terpakainya uang tersebut.

2. Lalu saat Mencari pakaian baru
Mencari pakaian baru
Mencari pakaian baru
Baju baru seolah sudah menjadi suatu tradisi setiap musim Lebaran tiba. Sebenarnya, anda bisa  menggunakan pakaian Lebaran lama yang jarang digunakan agar tetap terlihat fresh karena kebanyakan orang tidak akan menyadari kalau baju yang anda kenakan sebenarnya baju lama yang jarang digunakan.

Jika anda tetap ingin memaksakan membeli baju baru, belanjalah sebelum memasuki masa Lebaran untuk lebih hemat. Hal ini juga berlaku untuk perlengkapan ibadah ya.

3. Kemudian Bingkisan Lebaran
Bingkisan Lebaran
Bingkisan Lebaran
Untuk bingkisan Lebaran, cara paling umum untuk menghematnya adalah dengan membuat sendiri parcel tersebut. Harganya bisa jauh lebih murah daripada anda membeli sendiri di pusat perbelanjaan atau supermarket.

Jika anda memang tidak sempat membuatnya sendiri, belilah parcel Lebaran sebelum masuk musim Lebaran untuk mendapat harga diskon dan menghindari antrian sesak di pusat perbelanjaan.

4. Setelah itu pada persiapan untuk buka puasa
persiapan untuk buka puasa
Persiapan untuk buka puasa
Selama bulan puasa, kemungkinan besar anda akan sering mengikuti acara buka puasa bersama. Jika tidak dikelola dengan benar, maka buka puasa anda bisa berujung menjadi pemborosan. Salah satu cara hemat untuk buka puasa bersama yang hemat adalah dengan menggunakan sistem makan tengah. Misalnya pesanlah satu porsi ikan besar dan sayur-sayuran untuk dibagi bersama.

Sekian dari artikel 4 Cara Mengelola Keuangan Saat Ramadhan Yang Efektif.
Bram Nama saya Bram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Cara Mengelola Keuangan Saat Ramadhan Yang Efektif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel