7 Ciri-ciri Penyakit Diabetes dan Gejala-Gejalanya, Cek Tubuhmu Ya

7 Ciri-ciri Penyakit Diabetes dan Gejala-Gejalanya, Cek Tubuhmu Ya

Mrinspirasi – Penyakit diabetes adalah penyakit kelebihan gula yang mengakibatkan seluruh tubuh menjadi manis sehingga organ-organ tubuh menjadi melemah. Saran saya untuk kalian terhindar dari diabetes adalah jangan kebanyakan makan makanan yang mengandung gula, merokok dan kalau bisa banyak berolahraga. Secara umum penyakit Diabetes Melitus (DM) terjadi akibat gaya hidup salah terutama yang menyebabkan akumulasi menumpuknya kadar gula dalam darah dan berada di atas ambang batas normal yang bersifat kronis dan jangka panjang.

Dalam kondisi normal, glukosa adalah sumber energi utama bagi sel-sel dalam tubuh yang membentuk otot juga jaringan, termasuk juga untuk otak, namun jika berlebih bisa berbahaya karena memicu penyakit gula darah/diabetes.

Saat ini Indonesia telah berada dalam jajaran penderita diabetes 10 besar di dunia. Bahkan, setidaknya sampai tahun 2013 saja, diperkirakan 8,5 juta orang di Indonesia dengan rentang usia 20-79 tahun mengidap penyakit ini. Dan Uniknya, hanya kurang dari 50% saja yang menyadari bahwa mereka terjangkit penyakit kronis dan berbahaya ini. Kadar gula darah yang normal bagi tubuh manusia adalah 70-130 mg/dl saat puasa.

Berikut 7 Ciri-ciri Penyakit Diabetes dan Gejala-Gejalanya, Cek Tubuhmu Ya :

1. Mudah terjadi Luka dan Susah Kering atau Sembuh
7 Ciri-ciri Penyakit Diabetes dan Gejala-Gejalanya, Cek Tubuhmu Ya

Penderita diabetes karena kadar gula yang berlebih menyebabkan kekebalan tubuh dan sistem imun menjadi tidak normal. Bila seorang penderita diabetes memiliki luka terbuka, maka akan sangat susah untuk proses penyembuhannya.

2. Nafsu Makan Meningkat Akibat Sel Butuh Asupan Energi Lebih
Bisa jadi, peningkatan nafsu makan yang dialami seseorang adalah pertanda awal dari diabetes. Hal ini terjadi karena sel mengharapkan asupan glukosa yang lebih banyak, dan bersumber dari makanan. Namun demikian, tubuh tidak dalam kondisi optimal dan bisa bermetabolisme dengan baik, hal inilah yang memicu rasa lapar berkelanjutan.

3. Intensitas Buang Air Kecil Meningkat Biasanya Malam Hari
Gejala diabetes ini yang paling dikenal masyarakat. Buang air kecil yang terus menerus dan sering, adalah gejala awal dari diabetes. Bila hal ini terjadi ada baiknya untuk segera memeriksakan diri, agar bisa mendapatkan penanganan segera dan cepat.

4. Penurunan Berat Badan secara Berangsur-Angsur
Berat badan turun adalah hal biasa, namun jika terjadi terus menerus maka Anda perlu waspada. Seseorang yang ditengarai mengidap diabetes biasanya mengalami penurunan berat badan yang drastis dan signifikan. Ini dianggap sebagai gejala awal diabetes, akibat glukosa tidak bisa diserap secara optimal oleh tubuh.

5. Penglihatan Menurun, Terganggu dan Kabur
7 Ciri-ciri Penyakit Diabetes dan Gejala-Gejalanya, Cek Tubuhmu Ya

Kadar glukosa yang semakin meningkat menyebabkan cairan pembuluh darah terbatasi untuk masuk ke mata. Keadaan yang demikian bahkan bisa membuat lensa mata berubah bentuk. Tetapi ciri yang demikian bisa hilang bila gula darah semakin berkurang dan normal.

6. Terjadi Infeksi Jamur Utamanya di Mulut
Seorang wanita penderita diabetes umumnya juga disertai dengan infeksi jamur. Jamur ini akan muncul di beberapa bagian mulut, biasanya dalam bentuk sariawan di mulut, juga infeksi pada bagian vagina, yang disebabkan oleh jamur candida.

7. Merasa Kesemutan atau Mati Rasa Akibat Syaraf Mulai Rusak
Gejala ini terjadi jika kadar gula dalam darah sudah cukup tinggi. Rasa kesemutan dan kebas (mati rasa) pada bagian tubuh seperti kaki, jari-jemari, dan tangan adalah tanda untuk waspada, karena bisa jadi penyakit diabetes sudah menunjukan gejala stadium lanjut. Hal ini terjadi akibat kerusakan pada serabut saraf.

Sekian dari artikel 7 Ciri-ciri Penyakit Diabetes dan Gejala-Gejalanya, Cek Tubuhmu Ya.
Bram Nama saya Bram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Ciri-ciri Penyakit Diabetes dan Gejala-Gejalanya, Cek Tubuhmu Ya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel