10 Cara Mencegah Batuk & Pilek

10 Cara Mencegah Batuk & Pilek

Mrinspirasi.com – Selamat sore apa kabar hari ini, kali ini Mr Inspirasi akan memberikan tips terbaru mengenai 10 cara mencegah batuk & pilek. 10 cara ini bisa kamu lakukan pada aktifitasmu dalam keseharian. Di cek & di pelajari ya. Penyakit seperti batuk & pilek umumnya tersebar melalui bakteri atau virus lewat udara melalui batuk atau bersin yang dikeluarkan penderita. Ada sekitar 200 macam virus flu yang bisa menyerang kita.

Bahkan miliaran dollar AS dihabiskan untuk mencegah & mengobati penyakit ini. Orang dewasa bisa menderita sakit flu sekitar dua hingga lima kali sementara anak-anak mengalami sakit flu lima hingga sepuluh kali setiap tahunnya.

Berikut 10 Cara Mencegah Batuk & Pilek :
1. Perbanyak minum
Tubuh manusia menggunakan cairan untuk memfilter kotoran yang terakumulasi di dalamnya. Semakin baik kemampuan tubuh menyaring kotoran ini semakin baik pula kesehatan kita. Jika Kamu tengah mengalami flu atau batuk cobalah meminum jus jeruk. Minuman itu kaya vitamin C yang akan memperkuat sistem imun.

2. Cucilah tangan dengan baik
Kebanyakan virus flu & demam disebarkan karena kontak langsung. Kamu bisa mencegah penularan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dengan air hangat atau dengan cairan antiseptik. Hindari menggosokan tangan ke mata atau hidung jika Kamu belum mencuci tangan.

3. Banyak beristirahat
Kebanyakan penyakit di zaman modern seperti sekarang disebabkan karena stres. Karena tekanan ini, kita kehilangan kemampuan untuk mengusir flu & demam. Amat mudah untuk menjaga kesehatan dengan mendapatkan cukup istirahat dengan tidur nyenyak selama 7-8 jam.

4. Sediakan tisu atau saputangan
Saat berada Kamu berada di tempat umum, selalu sediakan tisu untuk mencegah penularan. Jagalah jarak dari mereka yang sudah menderita flu atau sudah menunjukkan gejalanya. Flu atau batuk amat menular di tiga hari pertama saat menyerang penderitanya.

5. Lakukan sauna
Ketika Kamu melakukan sauna, Kamu akan menghirup udara lebih panas dari 80 derajat dimana suhu ini terlalu panas bagi virus flu & demam untuk bertahan hidup.

6. Tidur dengan nyenyak
Tidur dengan baik juga membantu memperbaiki fungsi sistem imun tubuh. Saat Kamu tidur, otak juga beristirahat sementara tubuh kita menggunakan waktu tidur itu untuk menghimpun kekuatan melawan aneka infeksi yang menyerang.

7. Makanlah makanan pedas
Mengonsumsi makanan pedas akan membantu mengeluarkan lendir sekaligus melonggarkan tenggorokan.

8. Mengonsumsi makanan tertentu
Cobalah mengonsumsi sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam serta buah seperti jeruk & anggur. Makanan tersebut memberikan tubuh pasokan nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan untuk melawan infeksi serta meningkatkan sistem imun tubuh. Beberapa makanan bahkan amat membantu melawan batuk.

Bawang putih mentah juga dapat menghilangkan dahak. Kunyit juga baik untuk menyembuhkan batuk kering. Secangkir jus anggur dengan satu sendok makan madu juga bisa meredakan batuk.

9. Berhenti merokok
Merokok ataupun menjadi perokok pasif mengiritasi tenggorokan Kamu sekaligus memperburuk kondisi tubuh. Data statistik juga menunjukkan kalau perokok berat lebih sering mengalami sakit flu yang lebih parah.

10. Hindari gula & junk food
Dengan mengonsumsi junk food, Kamu justru membuat tubuh menjadi lemah & gampang terserang penyakit. Cobalah mengonsumsi buah-buahan serta sayuran segar sehingga sistem imun kita kuat & siap menghadapi penyakit.

Sekian dari artikel 10 Cara Mencegah Batuk & Pilek.
Bram Nama saya Bram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Cara Mencegah Batuk & Pilek"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel