Inilah 9 Cara Yang Bisa Kamu Ikuti Untuk Mengobati Sakit Pinggang

Inilah 9 Cara Yang Bisa Kamu Ikuti Untuk Mengobati Sakit Pinggang

Mrinspirasi.com – Terima kasih telah berkunjung, salam dari Mr Inspirasi kali ini kita akan membahas mengenai cara mengobati sakit pinggang. Kali ini kita akan mencoba 9 cara yang bisa kamu ikuti untuk mengobati sakit pinggang. Pada umumnya, sakit pinggang bukanlah sesuatu yang mengancam nyawa dan dapat diobati di rumah tanpa harus ke dokter. Namun, sakit pinggang dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Cara mengobati sakit pinggang tidaklah sulit dan dapat dengan mudah dilakukan.

Sakit pinggang biasanya datang tiba-tiba dan hilang dengan sendirinya. Kondisi ini berlangsung kurang lebih enam minggu. Beberapa hal, seperti mengangkat benda berat atau cedera karena olahraga, bisa menyebabkan sakit pinggang. Namun, Kamu tidak perlu merintih kesakitan di rumah karena terdapat beberapa cara mengobati sakit pinggang yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah.

Berikut Inilah 9 Cara Yang Bisa Kamu Ikuti Untuk Mengobati Sakit Pinggang :
1. Berdiri sejenak
Postur tubuh yang membungkuk di kursi saat bekerja dapat meningkatkan risiko sakit pinggang. Kamu dapat berdiri setiap 20 menit dan meregangkan tubuh. Kamu juga dapat mengatur posisi duduk agar Kamu tidak perlu membungkuk saat bekerja di depan komputer.

2. Jangan merokok
Merokok dapat berkontribusi meningkatkan osteoporosis yang dapat memicu sakit pinggang. Berhenti merokok adalah salah satu langkah yang dapat diambil sebagai cara mengobati sakit pinggang.

3. Tingkatkan hormon endorfin
Hormon endorfin adalah hormon yang dapat membantu untuk menghalangi sinyal rasa sakit menuju ke otak. Hormon endorfin dapat mengurangi sakit pinggang, rasa cemas, stres, dan depresi. Peningkatan hormon endorfin dapat dilakukan dengan meditasi, pijat, olahraga, dan bercinta.

4. Aktivitas fisik
Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi dapat membuat otot menjadi lebih lentur dan mengurangi risiko cedera. Salah satu cara mengobati sakit pinggang adalah dengan berolahraga kurang lebih 20 sampai 30 menit.

Olahraga yang dapat membantu adalah jenis olahraga aerobik, fleksibilitas, dan latihan kekuatan. Olahraga juga perlu difokuskan pada bagian perut dan punggung karena kedua bagian tersebut menopang tulang belakang bagian bawah. Hal ini menjadi salah satu cara mengobati sakit pinggang yang ampuh.

5. Kurangi berbaring di tempat tidur
Berbaring di tempat tidur bukanlah cara mengobati sakit pinggang yang efektif. Kamu perlu untuk tetap bergerak agar otot tidak menjadi kaku. Namun, jika sakit pinggang terasa sangat menyakitkan Kamu dapat berbaring selama beberapa jam.

6. Turunkan berat badan
Inilah 9 Cara Yang Bisa Kamu Ikuti Untuk Mengobati Sakit Pinggang

Berat badan berlebih dapat memberikan tekanan lebih kepada tulang belakang yang menyebabkan sakit pinggang.

Menurunkan berat badan dapat mengurangi sakit pinggang yang dirasakan. Kamu dapat melakukan diet dan olahraga untuk menurunkan berat badan berlebih.

7. Regangkan otot paha belakang
Otot paha belakang yang tegang dapat menjadi salah satu penyebab sakit pinggang. Peregangan otot paha belakang dapat menjadi cara mengobati sakit pinggang.

Namun, Kamu perlu meregangkan otot paha belakang secara perlahan agar tidak menambah rasa sakit di pinggang. Peregangan otot paha belakang dapat dilakukan setidaknya dua hari sekali.

8. Kompresan dingin dan kantong pemanas
Kombinasi dari kompresan dingin dan kantong pemanas dapat menjadi alternatif cara mengobati sakit pinggang. Kompresan dingin mengurangi peradangan dan rasa sakit di pinggang.
48 jam setelah menaruh kompresan dingin, Kamu dapat menaruh kantongan pemanas pada pinggang untuk melemaskan otot, meningkatkan peredaran darah, dan mengurangi sakit pinggang. Namun, kantongan pemanas hanya berguna pada minggu pertama saja.

9. Lakukan aktivitas yang membahagiakan
Melakukan aktivitas yang membahagiakan dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi rasa sakit. Kamu dapat melakukan aktivitas menyenangkan seperti bersosialisasi dengan teman, menyesap teh atau kopi hangat, dan sebagainya.

Sekian dari artikel Inilah 9 Cara Yang Bisa Kamu Ikuti Untuk Mengobati Sakit Pinggang.
Bram Nama saya Bram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah 9 Cara Yang Bisa Kamu Ikuti Untuk Mengobati Sakit Pinggang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel