5 Ciri-ciri dan Gejala Penyakit HIV AIDS, Cek Sekitarmu Kamu ya Waspada

5 Ciri-ciri dan Gejala Penyakit HIV AIDS, Cek Sekitarmu Kamu ya Waspada

Mrinspirasi – Kali ini kita akan membahas mengenai penyakit HIV AIDS, Penyakit ini sangat berbahaya terutama bagi anak muda. Karena penyebaran penyakit ini banyak di sebabkan oleh hubungan intim yang sembarangan, Sangat di sarankan untuk tidak melakukan hubungan intim sembarangan karena bisa terjangkit penyakit seperti ini. Gejala akut HIV ini kemudian akan menghilang, dan memasuki tahap infeksi kedua, yaitu tahap nongejala.

Pada tahap ini, infeksi HIV tidak akan menimbulkan gejala apapun dalam waktu yang cukup lama, yakni sekitar 5 hingga 10 tahun. Meski tidak mengalami gejala, namun sudah bisa menularkan HIV pada orang lain.

Menurut UNAIDS, di Indonesia pada tahun 2015 ada sekitar 690 ribu orang pengidap HIV. Dari jumlah tersebut, 50% berusia antara 15 hingga 49 tahun. Wanita usia 15 tahun ke atas yang hidup dengan kondisi HIV sekitar 250 ribu jiwa. Angka kematian akibat AIDS mencapai 35 ribu orang. Di Indonesia faktor penyebab dan penyebaran virus HIV dan AIDS terbagi menjadi dua kelompok utama, yaitu melalui hubungan seks yang tidak aman dan bergantian jarum suntik saat menggunakan narkotika. Kenali ciri HIV dan AIDS yang sering tidak disadari oleh penderita untuk mencegah kematian.

Berikut 5 Ciri-ciri dan Gejala Penyakit HIV AIDS, Cek Sekitarmu Kamu ya Waspada :
1. Flu dan demam
5 Ciri-ciri dan Gejala Penyakit HIV AIDS, Cek Sekitarmu Kamu ya Waspada

Gejala awal yang sering terjadi ketika seseorang terserang virus HIV yaitu penderita akan mengalami flu dan demam. Flu dan demam ini biasanya akan berlangsung cukup lama meski sudah dilakukan berbagai pengobatan. Flu dan demam yang diakibatkan oleh virus HIV ini berlangsung antara satu minggu hingga satu bulan. Dalam hal ini sistem kekebalan tubuh sedang berusaha untuk melawan virus HIV ini.

2. Penurunan berat badan
Ciri HIV dan AIDS selanjutnya adalah terjadinya penurunan berat badan secara drastis. Tubuh penderita HIV akan mengalami penurunan berat badan hingga 10% dari awal bobot tubuhnya. Penurunan berat badan ini terjadi bersamaan dengan kekebalan tubuh yang terus melemah. Dan jika kondisi ini terus dibiarkan, tubuh penderita HIV akan semakin lemah dan memburuk.

3. Berubahnya warna dan bentuk kuku
5 Ciri-ciri dan Gejala Penyakit HIV AIDS, Cek Sekitarmu Kamu ya Waspada

Ketika virus HIV menyerang, kuku akan mengalami perubahan warna dan bentuk pada kukunya. Kuku penderita HIV bentuknya akan menjadi melengkung dan teksturnya akan menjadi lebih tebal dibandingkan dengan kuku orang yang tidak mengidap HIV. Tidak hanya itu, kuku dari penderita HIV akan berubah warna menjadi lebih hitam atau kebiruan. Ini ciri HIV dan AIDS yang sering tidak disadari.

4. Kelelahan
Selain menderita flu dan demam, seseorang yang mulai terjangkit virus HIV akan merasakan kelelahan yang berlebihan. Rasa lelah ini akan membuat penderita hanya ingin tidur tanpa melakukan aktivitas apapun. Gejala kelelahan akut ini adalah reaksi tubuh yang sedang aktif melawan virus HIV yang sedang menyerang tubuh. Untuk mengetahui lebih pasti, Kamu bisa segera konsultasikan hal ini kepada dokter sehingga bisa dipastikan apakah kelelahan yang Kamu alami karena virus HIV atau bukan.

5. Ruam di kulit
5 Ciri-ciri dan Gejala Penyakit HIV AIDS, Cek Sekitarmu Kamu ya Waspada

Di kulit penderita HIV biasanya akan muncul ruam. Ruam di kulit ini biasanya tampak berwarna merah atau merah muda (pink) dan terasa sangat gatal. Selain itu, penderita HIV akan mengalami bintik-bintik ungu pada sebagian kulit tubuhnya. Bintik-bintik ungu ini biasanya akan sulit hilang meskipun sudah diobati.

Yang Paling berbahaya adalah :
Berkeringat di malam hari

Ciri HIV dan AIDS selanjutnya yang sering dialami oleh penderita adalah sering keluar keringat pada malam hari. Sebuah penelitian yang menggunakan metode survei membuktikan bahwa 50% dari penderita HIV selalu berkeringat di malam hari, meskipun tidak melakukan aktivitas apapun. Tidak hanya itu, walaupun penderita HIV berada di dalam ruangan dingin, mereka tetap akan mengeluarkan keringat.

Sekian dari artikel 5 Ciri-ciri dan Gejala Penyakit HIV AIDS, Cek Sekitarmu Kamu ya Waspada.
Bram Nama saya Bram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Ciri-ciri dan Gejala Penyakit HIV AIDS, Cek Sekitarmu Kamu ya Waspada"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel