5 Cara mencegah batuk atau flu yang baik dan benar

5 Cara mencegah batuk atau flu yang baik dan benar

Mrinspirasi.com – Selamat malam apa kabar hari ini kali ini mrinspirasi akan memeberikan tips menarik mengenai cara mencegah batuk atau flu yang baik dan benar. Cara ini bisa kamu lakukan saat kamu sedang beraktifitas dan dimana saja, langsung saja bagaimana cara-caranya.

Flu adalah penyakit pernapasan yang ditularkan oleh virus influenza. Gejala flu umumnya datang dengan cepat, intens, dan dapat berujung pada masalah sistem pernapasan seperti pneumonia. Tak ada strategi mudah untuk menghindari flu sepenuhnya. Namun, beberapa langkah dapat dilakukan untuk meminimalisasi paparan, menjaga kekebalan tubuh, dan menekan risiko infeksi.

Berikut 5 Cara mencegah batuk atau flu yang baik dan benar :
1. Berhenti merokok
Berhenti merokok bisa menjadi langkah untuk menghindari flu. Tidak merokok dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan virus flu. Penelitian di Yale School of Medicine menemukan, paparan asap rokok dari dua batang per hari selama dua pekan memicu reaksi berlebih dalam sistem kekebalan tubuh. Reaksi berlebih ini akan berujung pada ketidakmampuan tubuh melawan virus flu.

2. Vaksin flu
Pemberian vaksin flu dapat memicu antibodi untuk bekerja dengan maksimal. Antibodi memberikan perlindungan terhadap beragam infeksi, termasuk flu. Semua orang yang berusia di atas 6 bulan dianjurkan untuk mendapatkan vaksin flu tahunan. Orang yang memiliki alergi terhadap zat-zat kimia tertentu wajib mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter.

3. Konsumsi obat antivirus flu
Obat antivirus flu dapat mencegah Kamu terkena flu. Obat bekerja dengan memerangi virus flu dan mencegahnya berkembang biak di dalam tubuh. Dokter umumnya akan meresepkan obat antivirus pada pasien berisiko tinggi mengalami komplikasi. Sementara pada pasien yang tak berisiko komplikasi, umumnya gejala flu akan membaik hanya dengan beristirahat, menjaga asupan cairan, dan mengonsumsi obat generik yang tersedia di pasaran.

4. Hidup bersih dan sehat
Flu adalah penyakit yang dapat menular dengan mudah melalui tetesan air liur saat batuk, bersin, atau berbicara. Flu juga dapat menular hanya dengan kontak dengan permukaan yang terkontaminasi. Lihat juga:Kenali Perbedaan Pilek Alergi dan Pilek Infeksi. Dengan kondisi sedemikian rupa, menjaga kebersihan menjadi salah satu cara untuk mencegah flu.

5. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Sistem kekebalan tubuh yang terjaga dapat melindungi Kamu dari serangan flu. Menjaga kekebalan tubuh bisa didapat dengan menerapkan strategi hidup sehat seperti rajin mengonsumsi buah dan sayur. Selain itu, Kamu juga disarankan untuk rajin berolahraga dan tidur selama 7-9 jam setiap malam.

Sekian dari artikel 5 Cara mencegah batuk atau flu yang baik dan benar.
Bram Nama saya Bram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Cara mencegah batuk atau flu yang baik dan benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel