Inilah 3 Tips Yang Bisa Mengobati Penyakit Rematik

Inilah 3 Tips Yang Bisa Mengobati Penyakit Rematik

Mrinspirasi.com – Selamat pagi apa kabar hari ini kali ini kita akan membahas 3 cara yang bisa membantu kamu mengobati penyakit rematik, cara ini bisa kamu coba secara langsung. Tapi ada juga beberapa cara yang harus kamu bawa ke dokter. Penyakit Rematik atau rheumatoid arthritis merupakan penyakit autoimun yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh justru balik menyerang persendian yang sehat. Akibatnya, persendian jadi nyeri, membengkak, dan kaku. Ada berbagai cara mengobati rematik di dokter yang biasanya dijadikan pilihan untuk mengendalikan gejalanya.

Berikut Inilah 3 Tips Yang Bisa Mengobati Penyakit Rematik :
1. Terapi fisik
Terapi fisik dapat menjadi salah satu metode pengobatan yang tepat. Melalui terapi, Kamu akan diajari latihan untuk menjaga sendi tetap fleksibel. Biasanya, terapis juga akan menyarankan Kamu untuk melakukan tugas sehari-hari yang cukup ringan untuk membantu melemaskan persendian Kamu yang kaku. Selain itu, terapis juga akan menganjurkan Kamu untuk melakukan olahraga ringan.

2. Obat rematik
Cara mengobati rematik yang pertama ialah dengan mengonsumsi obat-obatan. Jenis obat yang direkomendasikan oleh dokter tergantung pada tingkat keparahan gejala dan berapa lama Kamu menderita penyakit ini. Adapun jenis obat yang diresepkan meliputi :
  • Pereda nyeri NSAID (Obat antiinflamasi nonsteroid), seperti ibuprofen atau naproxen untuk mengurangi rasa sakit dan mengurangi peradangan akibat rematik.
  • Steroid. Obat kortikosteroid seperti prednison mampu mengurangi peradangan dan nyeri serta memperlambat kerusakan sendi. 
  • Disease-modifying antirheumatic drugs (DMARD). Obat ini dapat memperlambat perkembangan penyakit rematik dan membantu menyelamatkan sendi dan jaringan lainnya dari kerusakan permanen. 
  • Biologic agents, dikenal juga sebagai obat pengubah respons biologis atau DMRAD biologis. Prosedur ini menggunakan protein rekayasa genetika yang berasal dari gen manusia. Cara ini telah terbukti membantu memperlambat perkembangan rheumatoid arthritis saat pengobatan lain gagal. Abatacept (Orencia), adalimumab (Humira), anakinra (Kineret), certolizumab (Cimzia), etanercept (Enbrel), golimumab (Simponi), infliximab (Remicade), rituximab Rituxan), tocilizumab (Actemra) dan tofacitinib (Xeljanz), termasuk ke dalam jenis obat ini. Obat jenis ini paling efektif jika dipasangkan dengan DMRAD nonbiologis seperti methotrexate. 
3. Operasi
Jika obat dan terapi fisik gagal mencegah atau memperlambat kerusakan sendi, kemungkinan besar dokter akan menyarankan pembedahan sebagai cara mengobati rematik. Pembedahan ditujukan untuk memperbaiki sendi yang rusak sehingga Kamu dapat kembali menggunakan persendian yang sakit seperti sedia kala. Prosedur ini juga mampu mengurasi rasa sakit dan memperbaiki kelainan bentuk pada bagian tubuh tertentu seperti jari bengkok akibat peradangan yang ditimbulkan.

Sekian dari artikel Inilah 3 Tips Yang Bisa Mengobati Penyakit Rematik.
Bram Nama saya Bram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah 3 Tips Yang Bisa Mengobati Penyakit Rematik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel