Inilah Cara Mengobati sakit Perut di Rumah

Inilah Cara Mengobati sakit Perut di Rumah

Mrinspirasi.com – Selamat sore apa kabar hari ini, kali ini kita akan belajar bagaimana cara mengobati sakit perut, cara ini bisa kamu coba di rumah kapanpun saat perut kamu sedang sakit. Pastikan kamu mencoba cara-cara di bawah ini. Tidak ada yang dapat memprediksi kapan seseorang mengalami sakit. Salah satu gangguan yang terkadang muncul secara mendadak adalah sakit perut.

Ada kalanya sakit perut muncul pada saat-saat tidak tepat, seperti saat akan berangkat kerja, ketika terjebak macet, atau sedang mengikuti meeting. Tentu saja hal ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan dapat mengacaukan suasana hati. Lantas, apakah ada cara mengatasi sakit perut? Sebenarnya cara mengatasi sakit perut cukup mudah dilakukan sendiri di rumah. Namun sebelumnya, mari kita bahas penyebab sakit perut.

Berikut penyebab sakit perut adalah :

  1. Adanya gas yang berlebih di perut
  2. Gangguan pencernaan.
  3. Otot yang tertarik

Berikut cara-caranya ;
1. Menerapkan Diet BRAT
Diet BRAT merupakan diet yang rendah serat dan terdiri dari makanan yang tidak terlalu padat serta memiliki daya serap yang tinggi. Diet BRAT terdiri dari pisang (banana), nasi (rice), saus apel (apple sauce), dan roti panggang (toast).

Namun, secara garis besar, Kamu hanya perlu mengonsumsi makanan yang tidak berbumbu dan pedas serta memiliki kandungan serat yang rendah dan mudah dicerna oleh usus. Konsumsi makanan dengan jenis yang tertera di atas dapat membantu meringankan iritasi dari asam lambung.

Demikianlah tips-tips yang dapat dicoba untuk menjadi cara mengatasi sakit perut yang Kamu alami. Jika Kamu mengalami muntah-muntah atau diare, pastikan Kamu tetap terdehidrasi dengan mengonsumsi cairan-cairan, seperti oralit, air, dan sebagainya.

2. Menggunakan Kantong Pemanas (Heating Pad) dan Mandi Air Hangat
Kehangatan dapat menjadi cara mengatasi sakit perut. Oleh karenanya, Kamu dapat mandi air hangat untuk melemaskan otot perut yang menegang. Setelahnya, Kamu dapat menggunakan kantong pemanas untuk menghangatkan perut selama kurang lebih 20 menit.

Rasa hangat dari kantong pemanas dapat membantu meringankan rasa mual dan sakit di perut. Kantong pemanas dapat dibeli di pasaran, tetapi jika Kamu ingin alternatif yang ekonomis, Kamu dapat menggunakan botol yang berisi air hangat.

3. Mengonsumsi Jahe, Kayu Manis, atau Mint
Cara mengatasi sakit perut dapat dilakukan dengan bumbu-bumbu dapur yang tersedia di rumah Kamu! Khasiat jahe sudah terbukti dalam mengatasi sakit perut. Serupa dengan teh chamomile, jahe adalah anti-radang alami yang dapat meredakan rasa nyeri.

Kamu dapat mencampur jahe dalam teh ataupun minuman lainnya. Selain jahe, kayu manis dapat menjadi pilihan lainnya. Kayu manis mengandung antioksidan yang dapat mengurangi iritasi dan kerusakan pada pencernaan serta mengurangi gas di perut maupun menetralisir asam lambung.

Untuk mengonsumsinya, Kamu cukup memasukkan 1 sendok teh atau 1 batang kayu manis ke dalam makanan atau minuman yang dikonsumsi. Mint tidak hanya berfungsi untuk memberikan napas yang lebih segar, tetapi juga dapat menjadi cara mengatasi sakit perut.

4. Mengonsumsi Teh
Selain menenangkan dan menghangatkan, mengonsumsi teh dapat menjadi alternatif cara mengatasi sakit perut lainnya. Kamu dapat mencoba menyeruput teh chamomile ataupun peppermint karena keduanya dapat membantu mengurangi gas dalam perut yang menyebabkan rasa sakit.

Selain itu, chamomile dapat meredakan rasa sakit karena merupakan anti-inflammatory atau anti-radang yang dapat meringankan rasa sakit dari otot yang tegang.

Segeralah berkonsultasi dengan dokter jika sakit perut yang dialami tidak kunjung membaik. Sekian dari artikel Inilah cara Mengobati sakit Perut di Rumah.
Bram Nama saya Bram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah Cara Mengobati sakit Perut di Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel