Penjelasan Tentang Efek dari Berolahraga sambil Mendengarkan Musik

Penjelasan Tentang Efek dari Berolahraga sambil Mendengarkan Musik

Mrinspirasi – Kali ini kita akan membahas mengenai penjelasan tentang berolahrga sambil mendengarkan music, sebanarnya tidak apa berolah raga sambil mendengarkan music yang tidak boleh itu kalau pakai headset terlalu lama. Alangkah baiknya mendengarkan music di ruangan sambil berolahraga saja. Sudah tak asing lagi kamu melihat orang-orang yang berolahraga sambil mendengarkan musik melalui earphone atau headphone mereka. Beberapa menyebut dengan mendengarkan musik bisa membantu fokus dan membuat olahraga lebih menyenangkan.

Michael Mosley dari acara Trust Me I'm a Doctor yang disiarkan BBC mencoba sebuah eksperimen yang melihat apakah menambah musik dapat membuat orang bisa melakukan olahraga jalan kaki santai lebih cepat.

Salah satu masalah dengan menyarankan orang untuk berolahraga jalan kaki santai adalah tak banyak yang mengetahui maksudnya. Seperti secepat apa berjalannya, atau bagaimana cara berjalannya.
"Definisi yang jelas dari olahraga jalan kaki santai adalah berjalan kaki 100 langkah per menit. Dan hal ini dapat dibantu dengan mendengarkan musik yang memiliki ketukan yang setidaknya sama. Musik seperti Dancing Queen milik ABBA," kata Michael, dikutip dari BBC.
Penjelasan Tentang Efek dari Berolahraga sambil Mendengarkan Musik

Michael bekerja sama dengan Marie Murphy, dosen olahraga dan kesehatan di Ulster University dan merekrut 24 sukarelawan berusia rentang antara 25 dan 65 tahun yang secara acak dipisah menjadi dua kelompok.

Satu kelompok diberikan pedometer dan diminta untuk mencoba mencapai 10 ribu langkah per hari, sementara kelompok lainnya diminta untuk berjalan santai selama 30 menit sambil mendengarkan musik yang sudah dipilihkan untuk mereka.

"Kami mengetes tekanan darah, kolesterol, dan lemak tubuh semua orang di awal eksperimen, dan mengajak mereka untuk melakukan olahraga apapun selama lima minggu sebelum mereka kembali untuk dites ulang," tutur Michael.
Penjelasan Tentang Efek dari Berolahraga sambil Mendengarkan Musik

Mereka yang berjalan santai menemukan sambil mendengarkan musik sangat nikmat, namun apakah membuat perbedaan?

"Kabar baiknya adalah kita melihat perubahan positif di kedua grup, namun mereka yang berjalan santai sambil mendengarkan musik terlihat adanya sedikit perbaikan ketimbang mereka yang melakukan 10 ribu langkah," jawab Prof Murphy.

Yang menjalani 10 ribu langkah memiliki penurunan lemak tubuh sebanyak 1,8 persen, sementara yang berjalan santai 2,4 persen. Mereka yang berjalan santai juuga terlihat adanya penurunan di tekanan darah.

"Jadi pesannya adalah, jika kita tetap ingin ideal, baik secara mental maupun fisik, dengarkan musik yang memiliki ketukan cepat dan gerakkan kakimu di depan satu sama lain (berjalan)," pungkas Michael.

Sekian dari artikel Penjelasan Tentang Efek dari Berolahraga sambil Mendengarkan Musik.
Bram Nama saya Bram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penjelasan Tentang Efek dari Berolahraga sambil Mendengarkan Musik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel