Penyakit Mematikan Saat Kamu Terlalu Lama Terkena Genangan Air Banjir

Penyakit Mematikan Saat Kamu Terlalu Lama Terkena Genangan Air Banjir

Mrinspirasi – Kali ini kita akan membahas mengenai penyakit mematikan yang bisa membuat kamu terserang penyakit. Penyakit-penyakit tersebut di sebabkan oleh kotoran-kotoran dari got atau bangkai binatang, kotoran binatang yang tercampur semua di dalam air banjir. Hal ini sangat berbahaya karena dengan kita terlalu lama di air banjir bakteri-bakteri tersebut bisa menempel di tubuh kita dan menyebabkan penyakit.

Musim penghujan seperti saat ini, bukan hanya penyakit demam berdarah dengue (DBD) saja yang patut diwaspadai. Sehabis hujan, ada juga bakteri leptospira yang bisa mengundang berbagai penyakit, bakteri ini menyebar melalui genangan air.

Kepala Seksi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Menular pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Romi Abdurakhman, mengatakan bakteri tersebut terkandung pada kencing binatang, seperti tikus, kucing atau anjing.

Genangan air kemungkinan membawa kencing binatang, sehingga menjadi ladang penyebaran penyakit leptospiriosis. Penyebaran bakteri leptospira ini bisa melalui selaput lendir, mata, hidung, luka, kulit hingga makanan.
Penyakit Mematikan Saat Kamu Terlalu Lama Terkena Genangan Air Banjir

"Ketika manusia terinfeksi bakteri tersebut, maka akan timbul berbagai gejala dan tanda klinis. Seperti demam mendadak lebih dari 38,5 derajat celcius, sakit kepala, lemah, mata merah, kekuningan pada kulit hingga nyeri otot betis," ujar Romi.

Penyakit kencing tikus banyak menyerang sehabis banjir.Penyakit kencing tikus banyak menyerang sehabis banjir."Risiko penularan itu bakteri masuk kulit yang lecet melalui banjir, genangan air, sungai, danau, selokan, saluran, air sawah hingga lumpur," lanjut Romi.

Untuk mencegah penularan leptospirosis, setelah terkena genangan air diharuskan mencuci tangan dan kaki dengan sabun saat dan setelah beraktivitas, memakai sarung tangan sepatu boot saat dan lain-lain.

"Lalu membersihkan tempat sarang tikus dan genangan air," ucapnya.
Jika ditemukan gejala leptospirosis, maka diwajibkan untuk mendapat penanganan lebih lanjut di fasilitas kesehatan seperti Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), klinik hingga rumah sakit.

Sekian dari artikel Penyakit Mematikan Saat Kamu Terlalu Lama Terkena Genangan Air Banjir.
Bram Nama saya Bram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyakit Mematikan Saat Kamu Terlalu Lama Terkena Genangan Air Banjir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel