10 Penyebab Serangan Jantung yang dialami Ashraf Sinclair

10 Penyebab Serangan Jantung yang dialami Ashraf Sinclair

Mrinspirasi.com – Kali ini kita akan membahas mengenai 10 penyebab serangan jantung yang dialami oleh artis Ashraf Sinclair yang tadi siang baru saja di kubur. Almarhum suami dari aktris Bunga citra lestari ini baru saja dikubur siang 18 februari 2020. 10 penyebab ini dilansir dari detiikkcom. Padahal pesohor berusia 40 tahun itu dikenal rajin berolahraga. Tubuhnya pun terlihat sangat bugar.

Dikutip dalam Mayo Clinic, penyebab serangan jantung adalah ketika aliran darah ke jantung tersumbat. Penyumbatan ini paling sering terjadi saat adanya penumpukan lemak, kolesterol & zat-zat lain yang membentuk plak di arteri. Plak di arteri yang pecah & membentuk gumpalan.
Aliran darah yang terganggu dapat merusak atau menghancurkan bagian dari otot jantung. Serangan jantung juga disebut dengan infark miokard, ini bisa berakibat fatal.

Berikut 10 Penyebab Serangan Jantung yang dialami Ashraf Sinclair :
1. Hipertensi
Penyebab serangan jantung tiba-tiba, bisa dikarenakan tekanan darah yang tinggi. Tekanan darah berlebih dapat merusak arteri yang mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Orang dengan obesitas, kolesterol tinggi hingga diabetes sangat rentan mengalami tekanan darah tinggi.

2. Kurang Aktivitas Fisik
Kurang aktivitas fisik bisa membuat tubuh mu obesitas. & tentunya hal ini sangat berisiko untuk mengalami kolesterol tinggi serta tekanan darah tinggi. Agar tubuh sehat & fit, sebaiknya olahraga secara teratur.

3. Usia
Pria berusia 45 tahun ke atas & wanita suia 55 tahun ke atas lebih rentan mengalami serangan jantung dibandingkan dengan orang yang lebih muda. Akan tetapi saat ini serangan jantung tidak hanya terjadi pada usia tua, tetapi juga kasusnya banyak yang terjadi pada orang dengan usia muda.

4. Stres
Stres ternyata bisa jadi pemicu terjadinya serangan jantung. Stres dapat melepaskan hormon stres & meningkatkan peradangan yang bisa sebabkan penyempitan pembuluh darah. Stres dapat mempengaruhi gaya hidup, bisa saja membuat nafsu makan menurun sehingga diet menjadi lebih buruk.

5. Merokok
Dikutip dari Health.Clevelandclinic.org salah satu faktor risiko terbesar untuk penyakit arteri koroner di kalangan anak muda adalah satu-satunya yang dapat dicegah. Menurut penelitian, orang yang merokok dapat meningkatkan risiko sebesar 8 kali lipat. "Ini adalah faktor risiko yang sangat kuat secara tidak proporsional hadir pada pasien yang terkena penyakit jantung lebih muda," ujar Dr. Willie Lawrence, kepala kardiologi di Research Medical Center di Kansas City Missouri.

6. Kolesterol
Kolesterol yang berlebihan di dalam darah dapat menjadi plak & menyebabkan penyumbatan sehingga aliran darahnya terganggu. Penyumbatan yang terjadi karena kolesterol juga bisa menghambat asupan darah ke jantung. Hal inilah yang membuat nyeri pada dada saat serangan jantung terjadi.

7. Diabetes
Seseorang yang menderita diabetes, tubuhnya tidak dapat memproduksi hormon yang dikeluarkan oleh pankreas secara normal. Sehingga kadar gula darah meningkat & dapat berisiko terjadi serangan jantung mendadak.

8. Riwayat Keluarga
Jika memiliki anggota keluarga yang memiliki penyakit jantung atau terjadi serangan jantung ini bisa berisiko tinggi pada anda. Sehingga jika mengetahui ada riwayat keluarga dengan penyakit jantung, anda harus ekstra menjaga pola makan & hidup sehat.

9. Polusi Udara
Polusi udara dapat menyebabkan radikal bebas pada tubuh. Selain itu, polusi udara juga dapat berdampak pada masalah paru-paru & menjadi penyebab serangan jantung saat tidur ataupun tiba-tiba. Karena paparan polusi udara bisa membuat pembuluh darah terjadi pembengkakan.

10. Obesitas
Memiliki berat badan berlebih atau obesitas berpeluang untuk timbulkan beberapa penyakit seperti jantung, diabetes, kanker & juga asma. Untuk itu, kita dtuntut selalu menjaga berat badan normal agar terhindar dari penyakit-penyakit degeneratif seperti serangan jantung hingga diabetes.

Sekian dari artikel 10 Penyebab Serangan Jantung yang dialami Ashraf Sinclair.
Bram Nama saya Bram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Penyebab Serangan Jantung yang dialami Ashraf Sinclair"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel