7 Ciri-ciri dan Gejala Kolesterol Tinggi Yang Harus Di Cek Ke dokter, Cek Kondisimu ya

7 Ciri-ciri dan Gejala Kolesterol Tinggi Yang Harus Di Cek Ke dokter, Cek Kondisimu ya

Mrinspirasi – Kali ini kita akan membahas mengenai ciri-ciri dan gejala kolesterol tinggi yang perlu kita cek ke dokter, hal ini sangat perlu kalian waspadai. Penumpukan kolesterol di arteri dapat menyebabkan plak. Seiring waktu, plak bisa menjadi keras dan menyebabkan arteri menyempit. Penumpukan plak dalam jumlah besar dapat menyumbat arteri. Saat arteri ke otot-otot jantung tersumbat, Kamu bisa mengalami penyakit arteri koroner yang diKamui dengan serangan jantung. Jika arteri yang memasok darah ke otak tersumbat, Kamu bisa terkena stroke.

Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki kolesterol tinggi sampai mereka menderita salah satu dari peristiwa yang mengancam jiwa ini. Selain kedua kondisi di atas, kolesterol tinggi juga bisa memicu kondisi lain seperti arteri perifer dan xanthoma.

Berikut 7 Ciri-ciri dan Gejala Kolesterol Tinggi Yang Harus Di Cek Ke dokter, Cek Kondisimu ya :
1. Sesak Napas
7 Ciri-ciri dan Gejala Kolesterol Tinggi Yang Harus Di Cek Ke dokter, Cek Kondisimu ya

Sesak napas juga bisa menjadi salah satu Kamu-Kamu kolesterol tinggi, karena serangang jantung yang menKamukan arteri koroner sering kali menyebabkan kondisi ini. Ketika aliran darah ke jantung berkurang, jantung tidak memompa darah dengan maksimal ke seluruh tubuh, termasuk ke paru-paru. Hal ini lah yang membuat Kamu menjadi kesulitan bernapas.

2. Kesemutan dan Mati Rasa
Kesemutan dan mati rasa pada bagian tubuh tertentu juga dapat menjadi gejala dari penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi. Penyakit seperti arteri koroner umumnya dapat menyebabkan mati rasa pada bagian anggota gerak tubuh seperti tangan dan kaki. Sedangkan penyakit stroke dapat menyebabkan mati rasa di wajah, lengan, atau kaki yang umumnya terjadi pada satu sisi tubuh.

3. Nyeri Dada
7 Ciri-ciri dan Gejala Kolesterol Tinggi Yang Harus Di Cek Ke dokter, Cek Kondisimu ya

Ciri-ciri kolesterol tinggi yang pertama adalah nyeri dada yang disebut dengan angina. Kondisi ini terjadi akibat plak terbentuk dan mengurangi aliran darah ke jantung Kamu dan menyebabkan penyakit arteri koroner. Nyeri dada merupakan gejala yang paling umum dari penyakit arteri koroner.
Angina mengacu pada rasa sesak, berat, dan tertekan pada dada. Gejala ini juga dapat muncul sebagai sensasi sakit, terbakar, atau mati rasa di dada. Sebagian orang lain merasakan sensasi penuh atau seperti di remas.

4. Kelelahan
Gejala kolesterol tinggi juga dapat diKamui dengan kelelahan yang berlebihan. Ketika kolesterol tinggi menyebabkan plak yang menghambat pembuluh darah, pasokan darah oksigen ke seluruh tubuh juga akan berkurang. Menurunnya pasokan oksigen ke seluruh tubuh ini membuat organ dan jaringan tubuh bekerja lebih keras dari seharusnya sehingga menyebabkan Kamu lebih mudah lelah.

5. Sakit Kepala
Sakit kepala dapat disebabkan oleh berbagai sebab. Sakit kepala parah yang terjadi tiba-tiba dapat mengindikasikan gejala stroke. Seperti yang disebutkan sebelumnya, stroke dapat terjadi ketika penumpukan plak yang disebabkan kolesterol tinggi menyebabkan pasokan darah ke otak terhambat.

6. Benjolan di Atas Kulit
Benjolan di atas kulit dapat mengindikasikan gejala beberapa penyakit. Kondisi ini juga dapat menjadi salah satu ciri kolesterol tinggi. Benjolan di atas kulit yang disebut xanthoma adalah suatu kondisi di mana lemak berkembang di bawah kulit. Kondisi ini paling sering muncul di sendi terutama lutut dan siku, kaki, tangan, dan juga bokong.

7. Tekanan Darah Tinggi
7 Ciri-ciri dan Gejala Kolesterol Tinggi Yang Harus Di Cek Ke dokter, Cek Kondisimu ya

Tekanan darah tinggi sering kali dikaitkan dengan kolesterol yang tinggi. Ketika arteri mengeras dan menyempit akibat plak kolesterol dan kalsium, jantung berusaha memompa darah dengan lebih keras, sehingga menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.

Sama seperti Kamu-Kamu kolesterol tinggi yang sulit dikenali, gejala tekanan darah tinggi juga sering kali sulit untuk dikenali. Tekanan darah tinggi dapat dideteksi dengan cara melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin. Apabila Kamu melakukan pemeriksaan tekanan darah dan mendapati tekanan darah Kamu tinggi, cobalah untuk melakukan cek kolesterol untuk memastikan apakah kolesterol tinggi merupakan penyebab hipertensi yang Kamu alami.

Yang paling penting :
Nyeri di Beberapa Bagian Tubuh
7 Ciri-ciri dan Gejala Kolesterol Tinggi Yang Harus Di Cek Ke dokter, Cek Kondisimu ya

Beberapa penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan gejala nyeri di beberapa bagian tubuh. Seperti penyakit arteri perifer yang dapat terjadi akibat menumpuknya plak arteri di pembuluh darah yang memasok darah ke berbagai organ tubuh seperti ginjal, lengan, perut, dan kaki.
Penyakit arteri perifer yang menyebabkan berkurangnya aliran darah ke tangan dan kaki dapat menyebabkan nyeri pada bagian tubuh tersebut, terutama apabila digerakkan.

Sekian dari artikel 7 Ciri-ciri dan Gejala Kolesterol Tinggi Yang Harus Di Cek Ke dokter, Cek Kondisimu ya.
Bram Nama saya Bram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Ciri-ciri dan Gejala Kolesterol Tinggi Yang Harus Di Cek Ke dokter, Cek Kondisimu ya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel