5 Daftar Penyakit Kulit Saat Banjir 2020 Di Jabodetabek dan Cara Pencegahan

5 Daftar Penyakit Kulit Saat Banjir 2020 Di Jabodetabek dan Cara Pencegahan

Mrinspirasi – Saat ini penyakit kulit mulai bermunculan, paska banjir yang menerjang jabodetabek. Saat ini masih banyak daerah-daerah jabodetabek yang masih terkena banjir, seperti yang di lansir dalam detikcom bahwa banjir kali ini termasuk banjir terparah dalam 5 tahun belakangan ini. Banjir kali ini menyebabkan banyak sekali kerugian dan juga membuat banyak sekali penyakit yang bermunculan seperti penyakit kulit, nah kali ini Mrinspirasi ini berbagi tips mengenai penyakit kulit yang akan bermunculan paska banjir di jabodetabek. Sebagai bagian terluar dari tubuh, kulit lantas menjadi paling rentan terkena dampak negatif banjir.

Berikut 5 Daftar Penyakit Kulit Saat Banjir 2020 Di Jabodetabek dan Cara Pencegahan :

1. Kutu air
Penyakit Kutu air, saat kamu terkena air banjir atau genangan air sangat memungkinkan seseorang mengalami kutu air. Penyebabnya, kondisi air yang kotor apalagi tanpa menggunakan pelindung kaki. Selain itu, suhu yang lembab secara terus menerus juga memungkinkan jamur berkembang lebih cepat sehingga lebih berisiko terjangkit kutu air.

2. Infeksi Jamur
Infeksi Jamur, saat air banjir yang sangat kotor dan mengandung beberapa bakteri dapat menimbulkan infeksi jamur. Biasanya area yang terkena meliputi lipatan paha dan jari-jari kaki. Infeksi jamur ini memiliki karakteristik gatal pada saat berkeringat.

3. Dermatitis alergi
Dermatitis alergi adalah penyakit kulit yang menyebabkan alergi, ini juga sering muncul pada saat banjir lantaran terpapar dengan bahan-bahan yang terbawa dalam air banjir, entah bahan kimia atau sampah sehingga berpotensi membuat orang terkena dermatitis alergi. Bila banjir lama surut, kemungkinan seseorang terkena dermatitis alergi juga semakin besar. Namun, tidak semua orang yang kebanjiran terkena dermatitis alergi. Ini terjadi pada orang-orang yang sensitif pada bahan-bahan tertentu saja.

4. Folikulitis
Folikulitis adalah penyakit kulit, Penyakit ini umum terjadi saat banjir. Folikulitis adalah kondisi kulit ketika folikel rambut meradang dan terjadi pada area tubuh yang memiliki rambut. Folikulitis memang tidak terlalu berbahaya, tapi meninggalkan sensasi gatal, nyeri, dan tentu membuat tidak nyaman.

5. Eksim
Penyakit Eksim adalah penyakit kulit, Eksim juga kerap terjadi di musim hujan. Ini adalah dermatitis yang paling umum sehingga menyebabkan maserasi kulit di sela-sela jari kaki. Tapi eksim terjadi akibat kolonisasi bakteri sekunder, yang merupakan turunan dari infeksi jamur.

Cara Pencegahan :
Kali harus bersih faktor higienitas sangat menentukan besar-kecilnya anda mengalami penyakit ini. Untuk itu, selalu jaga kebersihan diri. Berikut beberapa hal yang anda bisa lakukan untuk meminimalisir terjadinya penyakit kulit akibat banjir: Pakai alas kaki yang sesuai. Memakai boots sangat disarankan agar kaki terlindung maksimal. Bila kulit terpapar air banjir, usahakan selalu membersihkannya setelah terjadi kontak.

Gunakan air bersih dan sabun antibakteri. Dianjurkan pula untuk mengaplikasikan produk skincare. Misal, pada kasus alergi atau dermatitis dapat berikan pelembap khusus atau salep antialergi

Sekian dari artikel 5 Daftar Penyakit Kulit Saat Banjir 2020 Di Jabodetabek dan Cara Pencegahan.
Bram Nama saya Bram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Daftar Penyakit Kulit Saat Banjir 2020 Di Jabodetabek dan Cara Pencegahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel