Inilah Cara mencari Tau Berat Badan Ideal, Cek Tubuh anda Ya

Inilah Cara mencari Tau Berat Badan Ideal, Cek Tubuh anda Ya

Mrinspirasi - Kali ini kamu akan membahas tentang bagaimana cara mencari tau berat ideal kamu. Cara di bawah ini bisa anda lakukan di rumah tentunya setelah anda bisa kabari juga saudaramu. Dengan cara ini anda bisa tau apakah beratmu ideal atau tidak. Tak jarang orang menghalalkan segara cara untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Namun tentu hal ini akan baik jika dilakukan dengan cara yang tepat dan sehat.

Lalu bagaimana caranya untuk tahu bahwa kamu sudah mencapai berat yang ideal? Meskipun tentunya sehat dan ideal bisa terlihat berbeda pada setiap orang, terutama seiring bertambahnya usia.

"Berat badan ideal adalah berat badan yang bisa dapat mempertahankan kesehatan secara keseluruhan. Sehingga menjaga berat badan ideal ini merupakan salah satu cara untuk mencegah dan mengendalikan berbagai penyakit," ujar Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur.

dr. Muliaman menjelaskan, untuk menghitung berat badan ideal, Anda bisa menggunakan rumus Broca yang ditemukan oleh Pierre Paul Broca. Sangat mudah untuk menggunakan rumus ini, yakni untuk pria berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) - 100] - [(tinggi badan (cm) - 100) x 10%]. Sementara untuk wanita, berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) - 100] - [(tinggi badan (cm) - 100) x 15%].
Inilah Cara mencari Tau Berat Badan Ideal, Cek Tubuh anda Ya

"Contoh, jika Anda wanita memiliki tinggi badan sebesar 158 cm, maka berat badan Anda yang ideal adalah sebesar 58-8,7 = 49,3kg," jelasnya.

Lebih lanjut dr Muliaman menjelaskan, untuk melihat range berat badan yang masih dikatakan normal, kurang atau berlebih adalah melalui Body Indeks Massa tubuh alias BMI. Caranya dengan membandingkan berat badan Anda dengan tinggi badan Anda, dihitung dengan membagi berat badan dalam kilo gram dengan tinggi badan dalam meter kuadrat.

"Misalnya, Anda ingin mencari tahu apakah Anda normal atau obesitas. Anda memiliki berat badan 80 kg dan tinggi 1,75 m (175 centimeter). Pertama, kalikan tinggi badan dalam kuadrat: 1,75 x 1,75 = 3,06. Selanjutnya, bagi angkat berat badan dengan hasil kuadrat tinggi badan: 80/3,06 = 26,1," bebernya.

Terakhir, bandingkan angka BMI Anda (26,1) dengan kategori berat badan yang tercantum di bawah ini:

Di bawah 18,5 = Berat badan kurang
18,5 - 22,9 = Berat badan normal
23 - 29,9 = Berat badan berlebih (kecenderungan obesitas)
30 ke atas = obesitas

Menurut dr Muliaman, mempunyai berat badan kurang, tentu juga berisiko malnutrisi dan juga mudah terkena infeksi. Begitu juga jika berat badan berlebih atau obesitas dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes mellitus tipe 2, batu empedu, dan kanker tertentu. Risiko penyakit kardiovaskular juga bisa dilihat dari lingkar perut.

"Ukuran lingkar perut bisa dijadikan sebagai indikator kesehatan kamu di mana Lingkar perut normal untuk orang Asia adalah maksimal 90 cm untuk pria dan 80 cm untuk wanita. Tentunya berat badan ideal dan lingkar perut normal ini tidak berlaku pada wanita hamil, anak-anak di bawah 18 tahun dan atlet/orang yang berotot terutama body builders," jelas dr Muliaman.

Jika anda sudah tahu belum mencapai berat ideal, maka segeralah ubah pola hidup. Batasi kalori kurang lebih 1200-1300 kkal per hari dan biasanya lemak dan karbohidratnya yang harus berkurang.

Selain itu, konsumsi Slim & Fit yang bisa menjadi alternatif untuk mengatur masuknya kalori pengganti sarapan dan makan malam dengan kandungan gizi yang lengkap dan seimbang untuk diet. Slim & Fit Cookies hanya mengandung 90 kalori serta terbuat dari oat, multigrain, dan serat, sehingga bisa digunakan sebagai camilan untuk orang yang sedang diet. Kemasan sachet yang praktis juga mudah dibawa ke mana-mana.

Bram Nama saya Bram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah Cara mencari Tau Berat Badan Ideal, Cek Tubuh anda Ya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel