Gaya Hidup Tidak Sehat Bisa Mengakibatkan Kanker Usus Besar

Gaya Hidup Tidak Sehat Bisa Mengakibatkan Kanker Usus Besar

Mrinspirasi – Kali ini kita akan membahas tentang gaya hidup yang tidak sehat, di jaman generasi milenial kali ini banyak sekali penyakit yang bisa menyerang tubuh manusia. Kanker Usus Besar adalah penyakit yang saat ini banyak menyerang tubuh manusia.

akarta - Baru-baru ini penelitian menunjukkan, generasi milenial banyak yang terkena kanker usus besar. Menurut data yang ada di Rumah Sakit Umum Nasional Dr Cipto Mangunkusumo, di tahun 2018, usia termuda yang mengalami kanker usus besar ternyata ada di usia 24 tahun.

Dalam disertasinya, Dr dr Wifanto Saditya Jeo, SpB(K)BD, menjelaskan peningkatan angka kanker usus besar pada kelompok usia muda terjadi karena sel tumor berkembang lebih cepat ke stadium lanjut di usia muda. Namun menurutnya, sampai saat ini perlu penelitian lebih lanjut untuk dapat menjelaskan penyebabnya.
Gaya Hidup Tidak Sehat Bisa Mengakibatkan Kanker Usus Besar

Meski begitu, Dr Wifanto mengimbau generasi milenial mulai waspada akan ancaman kanker usus ini. Menurutnya, penyebab kanker usus tak hanya terjadi karena orang tersebut memiliki keturunan. Ada juga beberapa hal yang disebabkan karena gaya hidup. Apa saja gaya hidup yang perlu diwaspadai?

"Gaya hidup itu berpengaruh, apalagi generasi sekarang ya, misalnya dari kurangnya aktivitas, kerja di kantor duduk saja terus selama beberapa jam, terus kebiasaan merokok, jarang olahraga.

Selain gaya hidup yang kurang aktif, Dr Wifanto juga menjelaskan pola makan berperan penting bagi kesehatan usus. Makanan seperti berikut ternyata berisiko menyebabkan kanker usus besar.
"Makanan yang tinggi karbohidrat, tinggi gula, tinggi lemak, itu perlu dihindari, juga pola makan yang kurang serat ya," pungkasnya.

Sekian dari artikel Gaya Hidup Tidak Sehat Bisa Mengakibatkan Kanker Usus Besar.
Bram Nama saya Bram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gaya Hidup Tidak Sehat Bisa Mengakibatkan Kanker Usus Besar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel