5 Jenis Olahraga Ini Bisa Membantu Hipertensi sembuh, Rekomendasi Dokter Jantung

5 Jenis Olahraga Ini Bisa Membantu Hipertensi sembuh, Rekomendasi Dokter Jantung

Mrinspirasi.com – Kali ini kita akan membahas mengenai 5 jenis olahraga yang direkomendasi dokter jantung untuk membantu hipertensimu bisa sembuah. Ke 5 olahraga ini bisa kamu lakukan saat kamu di di rumah & dimana saja. Gaya hidup sehat adalah kebutuhan. Tak terkecuali olahraga, yang bisa membuat tubuh akan senantiasa bugar & sehat.

Tapi, untuk para pengidap hipertensi tidak boleh sembarangan. Ahli jantung & pembuluh darah dari RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, dr Ario Suryo Kuncoro, SpJP(K) mengatakan bahwa tekanan darah bisa mencapai 260 mmHg & berisiko pembuluh darah pecah. Jika terjadi, bisa menyebabkan kematian mendadak.

"Tapi bukan berarti mereka yang hipertensi nggak boleh olahraga, mereka tetap harus olahraga tapi dengan porsinya yang dikontrol. Olahraga tidak disarankan jika sudah melebihi 200 tekanan darahnya," kata dr Ario saat ditemui di kawasan Bendungan Hilir, Kamis (20/2).

Berikut 5 Jenis Olahraga Ini Bisa Membantu Hipertensi sembuh, Rekomendasi Dokter Jantung
1. Bersepeda
Bersepeda juga bisa mengatasi atau mencegah terjadinya hipertensi. Cukup dengan bersepeda selama 30 menit, jantung akan bekerja lebih efektif dalam memompa darah. Sehingga tekanan darah bisa turun secara signifikan.

2. Berenang
Berenang termasuk jenis olahraga yang bersifat tidak terlalu intens, namun baik untuk kesehatan jantung & pengidap hipertensi. Berdasarkan penelitian The American Journal of Cardiology, 12 minggu melakukan renang sebanyak 3-4 kali dalam seminggu bisa menekan hipertensi. Hal itu dapat menurunkan tekanan darah sistolik, terutama untuk para lansia.

3. Yoga
Selain bersepeda, yoga juga ternyata baik untuk menurunkan tekanan darah. Meskipun tidak turun terlalu banyak, tapi sudah cukup untuk mengurangi risiko penyakit jantung sebanyak 7 persen & risiko stroke sebesar 10 persen.

4. Jalan kaki
Berjalan kaki juga bisa jadi olahraga lho, khususnya untuk pengidap hipertensi. Dengan rutin jalan kaki, jantung & pembuluh darah bisa lebih sehat. Selain itu, bisa juga melindungi tubuh dari risiko diabetes & juga kolesterol.

5. Aerobik
Aerobik bukan hanya untuk orang-orang yang bugar saja, tapi para pengidap hipertensi juga bisa. Aerobik meliputi berbagai gerakan ritmik yang dilakukan secara berulang-ulang. Hal itu melibatkan kelompok otot besar pada tubuh, seperti kaki, bahu, hingga lengan.

Sekian dari artikel 5 Jenis Olahraga Ini Bisa Membantu Hipertensi sembuh, Rekomendasi Dokter Jantung.
Bram Nama saya Bram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Jenis Olahraga Ini Bisa Membantu Hipertensi sembuh, Rekomendasi Dokter Jantung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel