Penyakit GERD Kata Dokter Bukan Pemicu Serangan Jantung, Ini alasannya

Penyakit GERD Kata Dokter Bukan Pemicu Serangan Jantung, Ini alasannya

Mrinspirasi.com – Selamat pagi apa kabar hari ini, kali ini kita akan membahas mengenai penyakit GERD. Apa itu penyakit GERD, GERD adalah singkatan dari gastroesophageal reflux disease adalah penyakit dimana saat kambuh ketika asam lambung naik. Penyakit GERD ini sering sekali di kaitkan dengan penyakit jantung karena katanya saat asam lambung naik biasanya juga akan nyeri dada.


Menurut Ahli jantung dr Ronaldi, SpJP, FIHA, FAPSC, dari Rumah Sakit (RS) Awal Bros Bekasi Timur menegaskan GERD tidak bisa menyebabkan serangan jantung atau sebaliknya. Apa yang sering terjadi adalah awam keliru karena memang gejalanya mirip.


Hanya saja nyeri dada pada GERD bisa dibedakan karena biasanya muncul saat misalnya mengonsumsi makanan pedas, minum kopi, atau telat makan. Sementara nyeri dada karena sakit jantung terasa seperti menembus ke belakang, menjelar sampai ke tangan, dan kadang disertai keringat dingin.


"Intinya kembali lagi, keluhannya sama atau mirip tapi bukan berarti asam lambung menyebabkan
serangan jantung ataupun sebaliknya. Keluhan di lambung bisa bikin rasa kebakar di ulu hati karena jantung letaknya juga berdekatan dengan ulu hati," kata dr Ronaldi wartawan.


Untuk benar-benar bisa mengetahui faktor risiko serangan jantung masyarakat disarankan melakukan cek kesehatan rutin.

Sekian dari artikel Penyakit GERD Kata Dokter Bukan Pemicu Serangan Jantung, Ini alasannya.
Bram Nama saya Bram

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyakit GERD Kata Dokter Bukan Pemicu Serangan Jantung, Ini alasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel